Jangan Panik Bila Harus Interview Lewat Video Call, Ini Tipsnya!

Kemajuan teknologi kini membuat kesempatan kerja semakin luas. Bermodalkan perangkat teknologi yang memadai, Anda bisa memperoleh pekerjaan dari luar kota bahkan luar negeri. Karena kini banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote, seperti lewat video call.

Calon klien dari luar kota atau luar negeri biasanya menginginkan interview online untuk mempersingkat waktu. Teknologi modern ini tentu akan mempermudah Anda mendapatkan pekerjaan. Namun Anda juga harus memperhatikan tips-tips ini agar sukses menjalani interview lewat video call:

Interview Lewat Video Call Harus Membuat Anda Tetap Kelihatan Profesional dan Berkepribadian Menarik

Memilih Tempat Interview yang Tepat

Jangan memilih tempat interview yang terkesan suram dan minim cahaya. Anda harus memastikan bahwa penampilan Anda kelihatan menarik pada kamera video call. Usahakan untuk memilih tempat yang terang dan bebas kebisingan. Selain interview di rumah, Anda juga bisa memilih kafe atau taman yang kondisinya sepi. Pastikan bahwa kondisi tempat interview tersebut nyaman dan membuat Anda leluasa melakukan percakapan dengan calon klien.

Harus Menggunakan Pakaian Rapi

Pakaian rapi saat interview lewat video call adalah kesan profesional pertama yang bisa Anda perlihatkan pada calon klien Anda. Jadi, gunakan setelan pakaian yang rapi. Supaya Anda tak kewalahan bila diminta berdiri dan memperlihatkan keseluruhan penampilan Anda. Tak harus menggunakan blazer. Variasi batik bergaya modern atau kemeja slim fit pun sudah cukup menunjang penampilan Anda.

Sinyal Video Call Harus Memadai

Memperkuat Sinyal Wifi

Salah satu kendala utama interview lewat video call adalah sinyal yang tidak memadai. Hingga akhirnya sambungan video call jadi terputus-putus dan mengganggu proses interview. Alangkah lebih baik jika Anda mencari tahu tentang provider unggulan dan lokasi yang akses sinyalnya memadai. Hal sederhana ini akan mendukung kelancaran interview Anda. Sehingga peluang mendapatkan pekerjaan baru pun semakin besar.

Jangan Sering Memotong Pembicaraan

Pembicaraan lewat video call biasanya agak terhambat oleh kendala delay. Jadi, Anda patut menunggu lawan bicara Anda menyelesaikan kalimatnya terlebih dahulu. Memotong pembicaraan hanya akan membuat Anda terkesan tak sabar dan tak sopan. Hal ini tentu akan mengurangi nilai profesionalitas Anda di mata calon klien.

Menyiapkan “Contekan” di Dekat Gadget

Jika Anda melakukan video call melalui tablet PC atau laptop, Anda bisa menempelkan beberapa “contekan” di dekat layarnya. Buatlah perkiraan mengenai beberapa pertanyaan penting yang mungkin diajukan calon klien. Maka Anda akan tetap kelihatan profesional karena terus melihat ke arah layar laptop. Padahal sebenarnya Anda bisa curi-curi pandang untuk membaca contekan tersebut.

Era modern ini memang membuat Anda mesti lebih kreatif menghadapi persaingan dunia kerja. Jadilah yang terbaik pada interview video call agar kesempatan mendapatkan pekerjaan berkualitas semakin besar.

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s