Cara Terbaik Membuktikan Kemampuan Sesuai dengan Apa yang Tertulis di CV

CV atau Curriculum Vitae menjadi salah satu aspek yang menjembatani antara perekrut dengan pelamar pekerjaan. CV adalah gambaran umum yang mewakili pelamar pekerjaan sebelum bertemu langsung dengan pihak perekrut. Sebagai pelamar, Anda harus bisa membuktikan kemampuan dan segala spesifikasi yang Anda tulis di dalam CV tersebut. Dalam CV Anda tidak hanya menuliskan data pribadi saja, tapi mulai dari objektif, kemampuan, kompetensi, pengalaman, hingga achievement atau award yang pernah Anda dapatkan. Lantas bagaimana cara Anda untuk membuktikan semua kemampuan yang Anda janjikan melalui CV pada perusahaan yang merekrut?

Tentu saja Anda tidak bisa sembarangan menuliskan hal-hal yang pada akhirnya tidak bisa Anda pertanggungjawabkan. Meskipun Anda dituntut harus mampu mempromosikan diri melalui CV, namun jangan tuliskan hal-hal yang jauh dari kemampuan yang Anda miliki. Inilah  beberapa cara terbaik untuk membuktikan kemampuan Anda agar sesuai dengan apa yang tertulis di dalam CV.

Membuktikan Kemampuan Sesuai dengan Kriteria yang Tertulis di Resume

Tetap Belajar

Cara untuk membuktikan apa yang Anda tuliskan dalam CV adalah dengan menunjukkan jika Anda selalu berusaha untuk tetap belajar. Perusahaan bisa melihat kesungguhan Anda untuk memberikan performa terbaik bagi kemajuan perusahaan. Jika dalam CV Anda menuliskan bukanlah seorang deadliner, maka buktikan dengan berusaha menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan cermat. Kasus lainnya, jika Anda mempromosikan diri sebagai seorang yang memiliki kemampuan berpikir kreatif, maka tunjukkan dengan memberikan gagasan cemerlang untuk proyek yang Anda tangani. Pada intinya, Anda harus berusaha belajar mewujudkan apa yang sudah Anda tulis dengan terus belajar hal-hal baru dan positif yang mendukung performa selama bekerja di kantor.

Selalu Bekerja dengan Usaha yang Maksimal

Selain membiasakan diri untuk selalu belajar, Anda harus berusaha memberikan usaha maksimal pada setiap pekerjaan yang diberikan. Sebaiknya Anda jangan hanya fokus pada seberapa besar pekerjaan tersebut, namun sebaiknya berpikir soal seberapa besar usaha yang Anda berikan untuk pekerjaan tersebut. Sekalipun itu bukan pekerjaan yang besar, namun biasakan untuk selalu menaruh usaha yang maksimal pada proses pengerjaannya.

Mendemonstrasikan Kemampuan pada Pekerjaan

Sumber: businessnewsdaily

Jika berbicara soal pembuktikan diri, tentunya Anda harus membuktikan melalui tindakan atau cara Anda bekerja. Ketika Anda menuliskan keunggulan atau potensi Anda di CV, maka perusahaan memiliki ekspektasi tersendiri terhadap Anda. Selain selalu belajar dan berusaha secara maksimal, Anda perlu benar-benar mewujudkannya melalui demonstrasi langsung. Artinya tunjukkan prestasi Anda yang menegaskan jika kompetensi yang Anda tuliskan di CV memang benar adanya. Jadikan kompetensi dan kemampuan yang Anda gunakan sebagai salah satu cara mempromosikan diri di CV menjadi motivasi kerja yang harus Anda capai selama bekerja di perusahaan.

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s