Cara Tepat Menjelaskan Hobi saat Melakukan Interview Kerja agar Berjalan Lancar

Setiap orang tentu memiliki hobi atau kesukaan untuk melakukan sesuatu. Termasuk Anda pastinya. Pertanyaan seputar hobi juga seringkali ditanyakan saat interview kerja. Namun, tahukah Anda? Ketika pewawancara mengajukan pertanyaan demikian, di luar konteks pekerjaan, dia tidak hanya sedang berusaha untuk membuat obrolan santai yang tak bermanfaat. Bahkan, sebenarnya ia sedang mencoba untuk mencari tahu lebih banyak tentang Anda sebagai seorang individu, termasuk seberapa baik-kah Anda? Bagaimana pikiran Anda saat bekerja? Dan juga, ingin mengetahui ciri-ciri pribadi Anda untuk berkontribusi pada kinerja pekerjaan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menjawab pertanyaan mengenai hobi saat interview kerja agar berjalan lancar.

Tips Menjawab Pertanyaan Seputar Hobi saat Interview Kerja agar Berjalan Lancar

Kerja Tim atau Praktisi Solo

Bila Anda memiliki sejumlah kegiatan soliter yang Anda nikmati, seperti membaca, melukis, menulis, atau berkebun, pewawancara mungkin akan berpikir jika Anda adalah seorang pribadi yang memiliki motivasi independen dan lebih suka bekerja sendiri. Dapat dikatakan jika ini adalah hobi yang bagus untuk didiskusikan saat Anda mengajukan aplikasi untuk posisi yang menuntut independensi sebagai skill utama.

Di sisi lain, ketika Anda sedang mencari pekerjaan yang memerlukan interaksi dan kerja sama tim dengan rekan kerja, respon seperti di atas dapat menjadikan Anda dianggap sebagai seorang yang lebih suka tugas soliter daripada kerja kelompok atau tim. Sebagai contoh, seorang pewawancara akan lebih tertarik jika mendengar Anda memiliki hobi seperti olahraga tim, aktivitas menjadi sukarelawan atau apapun itu yang melibatkan usaha kolaboratif dengan orang lain.

Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati saat menjawab pertanyaan mengenai hobi saat interview kerja. Lihat dulu posisi apa yang Anda lamar, karena jika Anda salah dalam memberikan jawaban, pewawancara pun bisa langsung mencoret Anda dari kandidat kuat. Padahal, sebenarnya semua kriteria sudah terpenuhi.

Berhubungan dengan Otak atau Kreatif

Mendapatkan Pekerjaan Idaman
Sumber : artisantalent

Alasan lain kenapa pewawancara menanyakan tentang hobi adalah untuk mempelajari proses mental Anda, seperti bagaimana Anda berpikir dan alasan mengapa Anda melakukan ini dan itu. Sebagai contoh, passion Anda adalah untuk memecahkan teka-teki, bermain catur, atau teka-teki silang untuk menunjukkan kemampuan Anda berkonsentrasi, menganalisa, dan menyelesaikan masalah. Di sisi lain, Anda juga menikmati memasak, merajut, serta proyek kesenian untuk menunjukkan sisi kreatif Anda.

Berani Menangung Risiko atau Takut Menanggung Risiko

hobi tidak berhubungan

Berbicara mengenai hobi yang berisiko adalah risiko itu sendiri. Jika Anda menikmati aktivitas seperti skydiving, drag racing, atau body surfing, Anda telah membangun diri Anda sebagai orang yang pemberani dan mandiri. Ini dapat menjadi hal yang baik untuk jenis pekerjaan seperti Sales, di mana mandiri dan ambisi menjadi bagian yang sangat penting.

Sifat-sifat seperti itu juga dapat dilihat sebagai kerugian jika Anda mengajukan lamaran untuk bidang kesehatan dan keuangan yang memerlukan kecermatan dan detail serta pendekatan konservatif yang lebih tepat. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam merespon pertanyaan mengenai hobi saat melakukan interview kerja.

Jangan Berbohong Mengenai Hobi Anda

Saat Anda berbicara mengenai hobi saat interview kerja, janganlah berbohong atau menyesatkan pewawancara. Sebaliknya, Anda perlu berhati-hati dalam berkata, pikirkan respon dan cara berpikir pewawancara saat ia bertanya balik mengenai diri Anda. Bagilah berbagai hobi Anda untuk menunjukkan skill yang berhubungan dengan posisi pekerjaan.

Sebagai contoh, jika Anda diwawancarai untuk pekerjaan sebagai seorang suster, bagilah hobi Anda yang menunjukkan keterampilan organisasi dan keterampilan pengasuhan. Dengan begitu, Anda bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk diterima bekerja. Jadi, jangan asal-asalan saat memberi jawaban mengenai hobi saat Anda melakukan interview kerja agar berjalan lancar.

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s