Benarkah Pagi Hari Menjadi Waktu Paling Ideal Untuk Melakukan Wawancara Kerja?

Berencana untuk membuat janji lamaran kerja, namun bingung untuk mempertimbangkan waktu? Ada beberapa pertimbangan tertentu untuk waktu paling ideal wawancara kerja. Anda mungkin berpikir bahwa setelah makan siang merupakan waktu terbaik untuk melakukan wawancara kerja. Mengingat pada waktu ini, pewawancara seharusnya sudah lebih santai dan memiliki mood lebih baik dari pada di pagi hari. Padahal, tidak begitu.

Sebuah studi terbaru justru mengungkap waktu paling ideal untuk wawancara kerja adalah pada pagi hari. Penelitian baru menemukan bahwa penjadwalan wawancara Anda di pagi hari dapat memaksimalkan kesempatan Anda untuk dipekerjakan. Seperti yang dikatakan oleh pepatah kuno, The early bird gets the worm — and the job. Jadi, mengapa wawancara di pagi hari memperbesar kemungkinan kerja?

Waktu Paling Ideal Untuk Melakukan Wawancara Kerja Adalah Pagi Hari

referensi kerja

Lebih dari 60 persen eksekutif percaya bahwa waktu paling produktif untuk melakukan perekrutan wawancara adalah antara pukul 9 pagi dan 11 pagi, menurut sebuah studi dari perusahaan pengelola Rekening.

“Pagi hari adalah waktu yang ideal untuk wawancara kerja karena memberi waktu pewawancara untuk menetapkan prioritas harian dan menyesuaikan diri dengan harinya sebelum pertemuan,” kata Bill Driscoll, presiden distrik untuk Accountemps, dalam sebuah pernyataan.

Anda, dan banyak pencari kerja lain mungkin berpikir bahwa siang atau pertengahan hari menjadi waktu paling pas untuk wawancara kerja. Mengingat Anda akan memiliki cukup banyak waktu untuk membuat persiapan. Serta menghindari kesibukan yang dimiliki oleh pewawancara kerja pada pagi hari.

Padahal, penelitian berbicara sebaliknya. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa hanya 16 persen eksekutif yang percaya bahwa waktu terbaik untuk mengadakan wawancara adalah setelah 1 p.m.

“Hindari menjadwalkan wawancara di sore hari, saat kelelahan masuk,” kata Driscoll.“Sore hari juga merupakan waktu ketika pewawancara mulai mengalihkan fokus mereka ke prioritas pribadi.” Ini menjadikan wawancara kerja pada pagi hari merupakan satu hal yang paling bisa Anda lakukan untuk mendapatkan prioritas dan perhatian dari pewawancara kerja sepenuhnya.

Studi ini sendiri didasarkan pada survei terhadap lebih dari 2.200 pejabat keuangan utama dari perusahaan-perusahaan di lebih dari 20 wilayah metropolitan A.S. yang terbesar.

Terlepas dari kapan tepatnya wawancara terjadi, mereka yang diwawancarai memberi dampak langsung. Studi tersebut menemukan bahwa 60 persen eksekutif membentuk opini kandidat dalam 15 menit pertama wawancara, sementara hanya 6 persen yang menunggu lebih dari setengah jam untuk mulai membuat keputusan.

“Kesan pertama dimulai dengan jabat tangan awal,” kata Driscoll. “Apa yang Anda kenakan, sikap dan bahasa tubuh Anda adalah rincian yang dipertimbangkan pewawancara dalam beberapa menit pertama bertemu seseorang.”

Jadi, Anda akan melakukan wawancara kerja di pagi hari mulai saat ini demi kesempatan yang lebih besar?

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s