Begini Caranya Memukau HRD Perusahaan bagi Pelamar Kerja yang Pemalu

Menjadi seorang pemalu bukan hanya memberikan Anda tantangan dalam kehidupan sosial dan dunia perkencanan. Akan tetapi, menjadi seorang pemalu juga bisa memengaruhi kemampuan Anda mendapatkan pekerjaan secara negatif. Orang yang pemalu biasanya adalah mereka yang begitu menghindari sorotan sedemikiannya sehingga mereka tak menyukai menempatkan diri mereka sendiri pada posisi yang tidak menguntungkan. Karena dalam wawancara kerja, kandidat adalah pusat dari lampu sorot panggung dan dalam pengamatan yang sangat intens dari audiensnya. Ini membuat pelamar kerja yang pemalu menjadi tertekan padahal ini adalah situasi yang paling mereka benci. Selain itu, mereka yang pemalu juga tidak suka bicara tentang diri mereka atau prestasi mereka, jadi ini semakin sulit.

Namun, Anda masih bisa jadi pelamar kerja yang pemalu namun bisa memenangkan hati HRD atau manajer personalia dalam wawancara. Bagaimana caranya?

Pelamar Kerja yang Pemalu Pun Masih Bisa Membuat HRD Terkesan

Berlatih dengan Rutin

Latihan adalah sumber kesempurnaan. Sama seperti melatih otot Anda membuat otot Anda menjadi semakin kuat, hal yang sama juga berlaku pada kemampuan wawancara Anda. Kebanyakan dari kita hanya menjalani wawancara sesekali saja dalam waktu beberapa tahun, dank arena itulah wawancara ini biasanya begitu kikuk atau canggung. Bagi pelamar kerja yang pemalu, ini malah berkali lipat lebih susah karena dalam kehidupan sehari-haripun mereka tidak terbiasa ada di bawah sorotan. Oleh karena itu, pertama-tama Anda harus membuat sebuah rencana untuk berlatih. Ajaklah teman, keluarga, atau mentor untuk latihan wawancara kerja secara teratur. Keteraturan ini akan membuatnya semakin nyaman bagi Anda, sehingga ketika Anda benar-benar dalam wawancara sungguhan, Anda merasa bahwa ini adalah sebuah territorial yang akrab bagi Anda dan Anda tak perlu merasa kikuk lagi.

Buatlah Sebuah Daftar

Takut bahwa Anda tidak akan tahu apa yang nantinya Anda bicarakan saat wawancara? Maka ini adalah sebuah tips yang sangat cocok untuk Anda. Perhatikan resume Anda sekali lagi dan buatlah daftar poin diskusi yang butuh disoroti pada saat wawancara. Untuk setiap poin yang Anda daftar, tambahkan sebuah kisah spesifik atau contoh bagaimana Anda telah berhasil pada pekerjaan Anda sebelumnya. Ini akan membantu Anda merasa telah siap untuk menghadiri sebuah wawancara. Pihak perusahaan pun akan senang mendengar pengalaman Anda secara langsung yang relevan dengan posisi yang sedang dibuka. Dengan catatan ini, pelamar kerja yang pemalu pun tak perlu bingung apa yang harus dikatakannya saat wawancara.

Pahami Nilai Anda

Bagi seorang pelamar kerja yang pemalu, adalah hal yang sulit untuk mengakui sebuah prestasi sebagai hasil usahanya sendiri dan bukannya kontribusi tim. Memang, seringkali, sinergi dari timlah yang membuat proyek bisa diselesaikan dengan sukses. Tetapi, tim ini tidak akan duduk di sana saat wawancara Anda dengan pihak HRD perusahaan. Alih-alih, wawancara ini akan jadi tentang diri Anda. Mengubah perspektif mental Anda adalah hal yang sangat kritis untuk memahami seberapa besar nilai Anda. Alih-alih berpikir bahwa saat itu Anda sedang menyombongkan diri tentang prestasi Anda, cobalah tanyakan pada diri Anda sendiri: Bagaimana Anda telah membantu dalam pencapaian tersebut? Jika Anda menempatkan tipe konteks seperti ini, akan jauh lebih mudah untuk mendiskusikan bagaimana Anda membantu perusahaan lama Anda. Ini adalah hal yang akan membuat pihak HRD perusahaan menjadi tertarik.

Fokus pada Fakta

Sumber: careertrend

Ketika gugup, seorang kandidat yang pemalu mungkin akan bicara terlalu banyak dan malah menjadikannya terdengar tidak menarik. Padahal, sebaiknya Anda selalu terus terang, spesifik, to the point, dan tidak berbelit-belit dalam menjelaskan mengapa Anda adalah orang terbaik untuk pekerjaan ini. Poin-poin yang singkat dan padat akan meningkatkan rasa percaya diri Anda dan menunjukkan kepada pihak HRD bahwa Anda adalah kandidat yang percaya diri.

Selamat berjuang!

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s