Awas, Hal Ini Bisa Membuat HRD Kesal saat Proses Wawancara Kerja!

Ketika Anda sudah mendapatkan panggilan wawancara kerja, maka jarak antara Anda dengan pekerjaan impian Anda hanyalah proses wawancara tersebut. Tetapi, meski demikian, mendapatkan pekerjaan bukanlah sebuah proses yang mudah. Bahkan, ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Akan selalu ada risiko bahwa bukannya membuat pihak HRD merasa terkesan, Anda malah membuat HRD kesal karena tingkah Anda selama wawancara. Jadi apa yang bisa Anda lakukan untuk membuat HRD perusahaan menyukai Anda? Berdasarkan beberapa pihak HRD, berikut adalah hal-hal yang harus Anda jauhi jika tidak ingin membuat HRD kesal.

Hal-Hal yang Membuat HRD Kesal saat Proses Wawancara

Ketika Anda Tidak Memahami Perusahaan

kebiasaan buruk dalam wawancara
Sumber : nationalgrandfoundation

Tidak ada yang lebih membuat HRD kesal saat proses wawancara berlangsung selain kandidat yang tidak memiliki pengetahuan tentang perusahaan, produk, atau jasa yang disuguhkan oleh perusahaan. Jika kandidat tidak memiliki pengetahuan sedasar ini, maka perusahaan hanya akan buang-buang waktu saja rasanay menjalani proses tersebut. Selain harus menjelaskan kepada Anda apa yang seharusnya bisa Anda riset sendiri, wawancara seperti ini sudah jelas tidak akan menyenangkan atau mengesankan karena untuk apa pihak HRD repot-repot memproses kandidat yang tidak peduli terhadap perusahaan. Jadi, jangan sampai Anda berangkat wawancara tanpa pengetahuan yang sifatnya dasar ini. Ini akan membuat Anda tidak berupaya sama sekali dan tidak memiliki ketertarikan dengan perusahaan tersebut. Jelas, ini bukan hanya membuat HRD kesal, tetapi juga bisa menghilangkan kesempatan Anda untuk diterima oleh perusahaan yang mewawancarai Anda.

Ketika Anda Tidak Mengajukan Pertanyaan

Ketika Anda tidak mengajukan pertanyaan apa-apa, ini akan menunjukkan bahwa Anda tidak tertarik dan tidak bisa berusaha cukup keras. Anda akan terlihat seperti Anda tidak terlalu bertekad untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ini bisa membuat Anda nampak seperti hanya mencari pekerjaan apa pun. Karena siapa pun memang akan bisa menjawab dengan baik atau penuh detail saat wawancara, karena kebanyakan pertanyaan yang diajukan memang tentang diri Anda sendiri serta visi misi dan rencana Anda di masa depan. Namun, ketika Anda diam saat Anda diminta bertanya balik, ini akan membuat HRD kesal karena mereka tidak akan bisa menillai pola berpikir Anda dan apa yang Anda pedulikan. Cobalah untuk memikirkan beberapa pertanyaan sesuai dengan industri dan perusahaan tersebut sebelum Anda berangkat wawancara kerja.

Ketika Anda Mengarang-ngarang Jawaban

Sumber: linkedin

Jangan berpikir bahwa Anda aman ketika membuat-buat jawaban yang tidak beenar. Pihak HRD perusahaan bukan pihak yang awam dalam wawancara kerja, dan mereka kemungkinan besar akan dengan mudah menemukan lubang dalam jawaban karangan Anda. Dan, jika ini terjadi, ini malah akan membuat HRD kesal dan tidak akan memperthitungkan Anda. Memang, pertanyaan wawancara bisa begitu tidak terduga dan membuat Anda terkejut, tetapi jangan sampai ini membuat Anda mengarang jawaban. Ambil waktu sejenak untuk memikirkan jawaban Anda sebelum menjawabnya dan jika memang Anda tidak memiliki jawaban relevan, lebih baik mengakuinya.

Terlalu Kasual

Anda mungkin saja merasa bahwa HRD perusahaan adalah orang yang relaks dan enak diajak ngobrol dan Anda bisa bergaul dengan baik. Namun, ingat, Anda harus masih bersikap  profesional meskipun budaya perusahaan nampak kasual. Selalu gunakan bahaya yang tepat dan bahkan jika Anda ingin menggunakan humor untuk bisa mengeluarkan aura yang mudah disenangi, selalu gunakan humor yang pantas. Tampilkan diri Anda sebagai seorang kandidat yang percaya diri dan ramah tetapi jangan terlalu akrab seperti bicara dengan teman.

Semoga Anda tidak membuat HRD kesal dalam wawancara berikutnya!

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s