5 Kepribadian Paling Berpengaruh yang Harus Dicari dari Calon Pegawai Baru

Ketika Anda mencari seorang calon pegawai baru, mau tidak mau ada beberapa hal yang menjadi perhatian utama. Kemampuan, kualifikasi yang mereka miliki, dan kepribadian paling berpengaruh pada pertimbangan untuk merekrut seorang pelamar kerja. Kepribadian sendiri, memegang peranan penting ketika Anda sedang mewawancarai calon pegawai baru. Hal ini karena nantinya ketika sang calon pegawai baru bekerja di perusahaan, kepribadian mereka akan memegang peranan besar pada kelancaran alur pekerjaan.

Perusahaan memang tak bisa dipisahkan dari kultur kerja. Sesuatu yang secara langsung akan berhubungan dengan bagaimana sebuah proyek dan pekerjaan diselesaikan oleh pegawai. Besarnya pengaruh dari kultur kerja ini membuat Anda mau tak mau menjadikan kepribadian sebagai hal yang sangat berpengaruh ketika hendak merekrut seorang pelamar kerja.

Kepribadian-Kepribadian Paling Berpengaruh untuk Calon Pegawai Baru

1. Antusiasme

antusiasme

Rasa antusiasme yang besar dari seorang calon pegawai baru seharusnya bisa menjadi pertanda mereka akan bekerja dengan baik. Namun, Anda tentunya harus bisa membedakan rasa antusiasme yang ditunjukkan oleh calon pegawai dengan rasa senang karena akhirnya mendapatkan pekerjaan baru.

Antusiasme yang ditunjukkan oleh pegawai baru ini biasanya karena mereka bekerja di bidang yang mereka sukai. Dalam kata lain, ini adalah pekerjaan impian mereka, atau bahkan perusahaan impian mereka. Sudah bisa bayangkan mengapa rasa antusiasme mengarah pada performa yang baik di pekerjaan nantinya?

2. Rasa Ingin Tahu

bertanya

Seorang pegawai dengan rasa ingin tahu yang besar dipercaya akan lebih termotivasi dalam bekerja. Rasa ingin tahu yang ada pada diri pegawai ini sendiri saja seharusnya cukup untuk membuat mereka menunjukkan kinerja yang baik. Selain itu, kepribadian dengan rasa ingin tahu yang besar ini pun menjadi satu tanda pegawai memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Ketika wawancara kerja, pastikan Anda bisa melihat apakah seorang pelamar menunjukkan rasa ingin tahu untuk pekerjaan mereka nantinya di perusahaan. Atau malah, nampak menerima saja informasi yang diberikan.

3. Kemampuan Mendengar

Satu lagi kemampuan dan kepribadian yang mulai jarang ada dalam seorang pegawai. Seorang pegawai seharusnya tidak hanya akan bisa mengungkapkan pendapat atau rasa ingin tahu mereka. Mereka pun harus mampu mendengarkan dan mencerna perintah atau instruksi yang diberikan.

Kemampuan mendengar ini pun membuat pegawai lebih memiliki rasa empati, dibandingkan pegawai yang enggan mendengarkan pendapat maupun instruksi dari orang lain.

4. Humoris

pria humoris

Kepribadian paling berpengaruh selanjutnya terlihat sepele, namun nyatanya sangat penting yaitu humoris. Rasa humor tidak hanya berkontribusi pada lingkungan kerja yang menyenangkan dan ikatan karyawan, tapi juga merupakan tanda kecerdasan emosional. Jika calon pekerja menghargai selera humor Anda, mereka mungkin juga membawa keterampilan interpersonal yang kuat ke posisi tersebut. Anda akan bekerja sama satu sama lain di saat yang baik dan buruk, jadi ada baiknya memiliki karyawan yang Anda sukai.

5. Positivity

menyukai seluruh rekan kerja

Di lingkungan kerja, yang harus dihadapi bukan hal-hal baik. Tak selalu butterfly dan rainbow. Akan ada saatnya masa pekerjaan ini menjadi sangat berat. Bila begini, yang bisa Anda lakukan sebenarnya mudah saja. Pastikan memiliki pegawai yang bisa membawa energi positif pada tim Anda. Tak sulit, bukan?

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s