Ingin Tim Mendapatkan Hasil Maksimal dalam Pekerjaan? Perhatikan 3 C Berikut Ini

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ada beberapa cara berbeda untuk mendapatkan hasil maksimal dalam pekerjaan. Terutama bila Anda berada dalam sebuah tim kerja dengan beberapa orang berbeda. Maka mencari cara untuk menyatukan semua perbedaan tersebut demi hasil kerja yang maksimal, tentu menjadi satu tujuan tersendiri. Untuk itu lah di bawah ini terdapat 3 C yang bisa diterapkan dalam tim kerja, demi mendapatkan hasil maksimal.

Apa saja 3 C untuk hasil maksimal dalam pekerjaan tersebut? Di bawah ini adalah pengertian sekaligus bagaimana cara menerapkan 3 C dalam tim kerja demi mendapatkan hasil maksimal.

3 C Untuk Mendapatkan Hasil Maksimal dalam Pekerjaan

1. Communication

Sumber: prasetyowijaya

Communication atau komunikasi merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam kerja tim. Bisa bayangkan bagaimana kelanjutan tim tanpa adanya komunikasi yang baik antara para anggotanya? Hasilnya pasti akan negatif dan tidak maksimal. Bahkan bisa dikatakan akan gagal sepenuhnya.

Komunikasi memegang peranan paling penting dalam sebuah kerja tim. Semua orang yang ada di dalam tim seharusnya bisa berkomunikasi baik antara satu sama lain. Dengan begitu, kerja tim termasuk dengan penyampaian rencana, strategi, ide, kesalahan, keberhasilan, hingga kegagalan bisa berlangsung dengan baik. Komunikasi yang baruk atau pun tak adanya komunikasi sama sekali membuat kerja tim tak berlangsung sempurna. Bahkan jangan heran bila nantinya proyek yang dikerjakan bersama tim akan mengalami kegagalan sepenuhnya.

2. Cooperation

solusi untuk krisis dalam tim
Sumber : notredameonline

C berikutnya yang menjadi syarat mutlak kesuksesan kerja tim ialah Cooperation atau kooperasi. Untuk cara kedua ini cukup mudah, di mana Anda hanya harus memastikan anggota tim ada untuk satu sama lain. Mereka tak seharusnya bekerja sendiri-sendiri, melainkan bersama-sama dalam satu kesatuan. Inilah mengapa proyek tersebut dikatakan sebagai kerja tim. Bukankah begitu? Untuk itulah kooperasi merupakan satu hal yang penting.

Bentuk kooperasi ini pun ada beberapa jenis berbeda. Bisa mulai dari saling membantu dalam pekerjaan hingga bergotong royong menyelesaikan sebuah proyek. Tanpa adanya jalinan kerja sama dan kooperasi yang baik inilah kerja tim tak akan bisa maksimal.

3. Collaboration

Sumber : Linkedin

Apa yang membedakan kolaborasi dengan kooperasi? Kolaborasi memastikan semua anggota tim ikut andil dalam sebuah tugas dan proyek. Ini berarti masing-masing anggota tim mendapatkan porsi yang sama besar untuk menyelesaikan tugas di proyek tersebut. Tak ada satu orang yang bekerja lebih keras dari pada yang lain. Maupun anggota tim yang justru mendapatkan porsi kerja lebih kecil.

Kolaborasi memang berbeda dengan kooperasi, di mana anggota akan saling membantu satu sama lain. Kolaborasi membagi pekerjaan dengan berat yang sama dan para member yang akan bergabung bersama-sama menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s