Harus Melakukan Interview Kerja di Tempat Umum? Ini Tips agar Bisa Berjalan Lancar!

Kini, melakukan interview kerja tidak hanya dilakukan di kantor karena untuk alasan tertentu, perusahaan juga dapat mengutus orang untuk melakukan wawancara di luar. Misalnya di tempat umum seperti restoran dan kedai kopi. Alasannya pun bermacam-macam. Salah satunya adalah karena perusahaan ingin mencari karyawan untuk posisi lapangan dan mereka tidak memiliki kantor lokal, sehingga mau tidak mau perusahaan harus melakukannya di tempat umum. Dan bila Anda mendapat undangan untuk melakukan interview kerja di tempat umum, Anda bisa simak tips berikut untuk bisa sukses wawancara kerja.

Tips Melakukan Interview Kerja di Tempat Umum

Konfirmasi Interview Kerja Secara Mendetail

chatting
Sumber: gojeganbro

Setelah Anda mendapatkan undangan wawancara dari email atau telepon, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan konfirmasi lokasi pasti tempat Anda akan melakukan wawancara kerja. Nama tempat, alamat, dan jam interview perlu Anda miliki agar Anda tidak terlambat datang. Selain itu, Anda juga perlu untuk bertanya bagaimana untuk bisa mengenali pewawancara karena di tempat umum Anda tentu akan bertemu dengan banyak orang.

Kenakan Busana yang Tepat

Biarpun Anda harus melakukan interview kerja di tempat umum, Anda harus tetap mengenakan busana profesional. Bahkan, jika Anda harus melakukannya di lingkungan yang begitu santai atau kasual. Selain itu, Anda juga perlu membawa portfolio, resume, catatan, dan pulpen yang dapat Anda gunakan untuk mencatat hal-hal penting.

Lakukan Persiapan Matang

Sama seperti halnya melakukan interview kerja di kantor, Anda pun tetap harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya saat harus melakukan wawancara di tempat umum. Misalnya dengan melakukan riset terhadap perusahaan, tahu harus menjawab apa untuk beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan, serta mempersiapkan pertanyaan yang dapat Anda ajukan pada pewawancara.

Fokuslah pada Pewawancara

Saat melakukan interview kerja di tempat umum, mungkin Anda akan berada pada situasi yang cukup berisik dan sesuatu yang dapat mengalihkan perhatian, seperti pengunjung lain, serta pelayan yang datang dan pergi. Namun, usahakanlah untuk fokus pada pewawancara sebaik yang Anda bisa.

Perhatikan Perilaku Anda

Anda sedang melakukan interview kerja di tempat umum, dan bukannya sedang hangout bersama dengan teman-teman Anda. Untuk itu, Anda pun perlu memperhatikan perilaku Anda. Caranya dengan berhati-hati dalam memilih menu bila Anda harus melakukan wawancara di restoran atau kedai kopi. Pilihlah menu sederhana dan mudah untuk dimakan atau diminum, dan jangan pernah memesan menu paling mahal.

Seorang kandidat, terutama wanita, bisa saja gagal mendapatkan pekerjaan karena ia harus membersihkan sisa makanan yang terselip di gigi, atau membetulkan riasan di meja makan. Tentu saja apa yang Anda lakukan selama interview mendapat perhatian langsung dari pewawancara. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dalam bersikap jika tidak ingin dianggap sebagai kandidat yang jorok atau berlebihan.

Lakukan Follow-Up

Follow Up Wawancara Kerja

Setelah Anda selesai melakukan interview kerja di tempat umum bersama pewawancara, jangan pernah lupa untuk menindaklanjutinya dengan mengucapkan terimakasih atas kesempatan wawancara yang diberikan, atau mengirim email ucapan terimakasih kepada pewawancara. Walaupun interview di tempat umum terkesan seperti informal, namun memberi kesan positif dengan melakukan follow-up ini tetap perlu Anda lakukan sehingga pewawancara pun akan mempertimbangkan Anda.

Melakukan interview kerja di tempat umum, seperti restoran dan kedai kopi sebenarnya hampir sama dengan wawancara yang dilakukan di kantor. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan selalu menjaga sikap serta perilaku saat melakukan interview. Semoga berhasil!

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s