7 Tips Belajar yang Cerdas, Bukan Belajar Keras

Kamu kerap mengalami kesulitan dalam belajar? Sulit mengingat tanggal? Nama? Atau rumus matematika?

Coba beberapa tips dalam belajar ini deh:

1. Tempat tak biasa

Jangan batasi dirimu terus-terusan belajar di suasana yang nyaman seperti meja belajar. Jadilah kreatif. Biasanya beberapa orang bekerja lebih baik ketika mereka bekerja di tempat-tempat yang justru agak bising seperti cafe atau taman. Bisa juga kamu belajar saat tengah berada di bus atau saat sedang antre.

2. Waktu tak biasa

Biasa belajar sepulang sekolah? Atau sebelum tidur? Sebaiknya kamu tidur lebih awal dan bangun lebih awal, jadi materi yang kamu pelajari lebih fresh ketika kamu masuk sekolah. Akan lebih baik kamu mereview catatan sesaat setelah pelajaran usai.

3. Setop menandai

Memberi tanda buku pelajaranmu dengan cara menstabilo atau menggaris bawah belum terbukti meningkatkan kualitas belajarmu. Hal itu justru terkadang hanya akan berpotensi menciptakan terlalu banyk fokus pada hal yang spesifik, atau bahkan rincian yang kurang perlu. Tujuan kamu belajar adalah memahami seluruh konsep, bukan hanya menghafal poin yang spesifik. Mind-mapping dapat membantu lebih baik dalam hal ini. sebagai alternatif kamu bisa menggunakan teknik koding warna. Contohnya menggunakan satu warna untuk judul, satu lagi untuk subjudul, dan seterusnya.

4. Belajarlah secara aktif

Berhentilah membaca textbook. Membaca itu pasif. Cobalah ambil kertas dan tuliskan apapun yang muncul di memori kamu, seperti waktu sebuah kejadian bersejarah atau rumus matematika. Pengulangan metode seperti ini akan membantu memori baik jangka pendek maupun jangka panjang kamu.

5. Air, tapi bukan sekedar air

Ketimbang meminum air biasa, cobalah meminum air yang dicampur dengan buah-buahan atau yang kini populer dengan istilah infused water. Minuman ini akan memberi kamu ekstra vitamin yang menjaga otak kamu tetap terjaga dan segar sepanjang hari.

6. Konsisten

Tujuan utamanya adalah kualitas bukan kuantitas. Semakin banyak waktu yang dihabiskan tidak berkorelasi dengan hasil yang kamu dapatkan untuk memori jangka panjang kamu. Cobalah untuk belajar dengan rutin, tidak harus selalu di waktu yang sama, tapi jangan pernah melewatkan sehari pun. Pastikan kamu mempelajari kembali dan memahami materi yang baru kamu dapatkan di sekolah.

7. Gunakan intuisi

Berpikirlah seperti seorang guru. Jika ada sebuah materi yang kamu rasa menonjol dan kamu memahaminya, bisa jadi materi itu akan keluar saat ujian. Kebanyakan textbook memiliki bagian ringkasan di tiap akhir bab, kamu bisa memanfaatkan itu dalam belajarmu.

Jadi, mulai sekarang ambil pena, buku pelajaran, dan buku catatanmu. Mulailah belajar dengan cerdas, bukan keras. “Study smart – Not Hard” (ded/ded)

Source : student.Cnnindonesia.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s