7 Strategi Masa Transisi dari Kuliah ke Tempat Kerja untuk Para Sarjana Muda

Bagi sarjana baru, tantangan yang harus dihadapi bukan hanya bagaimana mendapatkan pekerjaan, namun juga bagaimana masa transisi dari kuliah ke dunia kerja ini berjalan dengan mulus. Perbedaan dari kedua “dunia” ini memang kerap kali membuat pekerja fresh graduate merasa limbung hingga akhirnya gagal di pengalaman kerja pertama mereka.

Bila Anda saat ini berada di situasi yang serupa, di bawah ini merupakan beberapa strategi yang bisa digunakan untuk masa transisi dari kuliah yang berjalan mulus.

7 Strategi Masa Transisi dari Kuliah ke Tempat Kerja

1. Jadwal yang Berubah

jadwal

Jangan berharap Anda akan memiliki jadwal yang sama dengan jaman kuliah dulu. Dunia kerja menuntut Anda untuk bisa bekerja dengan jadwal yang pasti namun juga fleksibel. Di sini, Anda pastinya dituntut untuk mulai bekerja dari pagi hingga jam berakhirnya kantor nanti, meskipun kadang akan lebih dari jam kantor. Jadi, jangan berharap jadwal tidur, bangun, hingga kehidupan sosial yang sama dengan sebelumnya.

2. Buat Media Sosial untuk Hubungan Profesional

menggunakan media sosial
Sumber : smallbiztrends

Saat ini, media sosial terbaik untuk hubungan profesional ini adalah LinkedIn. Namun, tak ada salahnya juga bila Anda mempersiapkan media sosial lain seperti Twitter, Facebook, hingga Instagram untuk komunikasi secara profesional ini. Penggunaan media sosial untuk profesional ini tentunya membuat Anda harus lebih memperhatikan status hingga foto yang diposting.

3. Buat Personal Budget

Memiliki pendapatan sendiri sering kali membuat para sarjana muda ini “lupa diri”. Hingga akhirnya mereka pun membeli banyak hal yang mungkin sebenarnya tak dibutuhkan. Untuk menghindari hal seperti ini, yang harus dilakukan membuat budget personal bagi Anda sendiri. Budget ini terdiri dari pemasukan, pengeluaran pasti setiap bulan, hingga pos-pos pengeluaran lain seperti untuk makan, hingga untuk transportasi.

4. Mulai Ikuti Berita Bisnis

Bila ketika kuliah dulu sumber berita yang Anda ikuti hanya yang bersifat Entertainment saja, maka saat ini kebiasaan tersebut harus diubah. Mulailah ikuti berita mengenai perkembangan bisnis, politik, ekonomi, hingga berita secara umum. Ini bukan hanya untuk menambah pengetahuan, namun juga sebagai ice breaker bila Anda harus membuat percakapan dengan rekan kerja hingga dengan klien.

5. Motivasi Diri Sendiri

Akan ada waktunya di mana Anda merasa down di masa transisi ini. Namun, berbeda dengan sebelumnya di mana akan selalu ada dosen pembimbing hingga orang tua yang akan mengembalikan semangat, maka di dunia kerja Anda diharapkan benar-benar “lepas”. Karena itu, biasakan untuk bisa memotivasi diri sendiri dan meningkatkan semangat kerja yang Anda miliki.

6. Jalin Koneksi

berusaha membangun koneksi
Sumber: businessnewsdaily

Strategi untuk bertahan di masa transisi ini juga dengan membuat koneksi, baik itu dengan rekan kerja yang lain, dengan klien, hingga dengan konsumen. Adanya koneksi ini akan membantu Anda ketika mencari pekerjaan dan juga untuk perkembangan karir di masa mendatang. Jadi, memang tak bisa dipandang sebelah mata.

7. Ingat, Pekerjaan Ini Bukan Pekerjaan Terakhir Anda

Terakhir, ingat bahwa pekerjaan ini tak akan menjadi pekerjaan terakhir. Anda harus mengusahakan yang terbaik dengan referensi untuk pekerjaan berikutnya. Di sisi lain, bila pun Anda gagal di pekerjaan pertama ini, masih akan ada sederet kesempatan berikutnya yang menunggu Anda.

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s