6 Gaya Memimpin dalam Tim yang Menjamin Menjadi Pemimpin Sukses

Menjadi seorang pemimpin sukses tentu memerlukan keahlian, keberanian, dan strategi kepemimpinan yang baik. Bukan hanya memimpin, namun seorang atasan yang baik harus bisa memberikan inspirasi bagi anggota timnya. Menjadi pemimpin sukses bukan berbicara soal ilmu atau wawasan saja, tapi mengenai cara terbaik Anda dalam membawa tim mencapai target bersama. Cara atau gaya Anda memimpin menjadi salah satu hal yang memengaruhi kemajuan yang diperlukan oleh tim Anda. Beberapa gaya memimpin ini bisa Anda jadikan referensi untuk membawa tim Anda menuju kesuksesan.

Ingin Menjadi Pemimpin Sukses? Lakukan dengan Cara Ini

The Dreamer

Anda memiliki ekspektasi tinggi terhadap tim Anda dan kemampuan Anda dalam memajukan tim sesuai dengan visi yang sudah dibuat. Anda menggunakan visi perusahaan sebagai acuan untuk mencapai semua target-target yang sudah dibuat. Anda bukan hanya berpatok pada hasilnya saja, tapi bagaimana Anda membawa anggota tim untuk ikut masuk ke dalam visi yang sudah dibuat. Jika Anda menggunakan leadership style ini, maka pastikan visi perusahaan sesuai dengan apa yang diekspektasikan dan pastikan semua anggota memahaminya.

The Democrator

jadi pemimpin

Jika Anda sangat memegang teguh prinsip demokrasi, berarti Anda adalah seorang pemimpin penganut gaya demokrasi. Anda ingin setiap orang bisa mengungkapkan pendapatnya dan membuatnya sebagai referensi untuk mencapai hasil yang maksimal. Kesulitan yang mungkin akan Anda hadapi jika memakai gaya demokrasi ini adalah saat Anda membuang waktu dengan opini yang tidak mendasar, dan membawa hasil yang semakin buruk.

The Coach

Dalam tim Anda berperan bukan hanya sebagai pemimpin tapi sebagai coach atau tutor. Ketika Anda bekerja sebagai coach, maka Anda lebih memahami apa yang terjadi dengan anggota tim Anda dan selalu mencari cara bagaimana untuk meningkatkan kemampuan mereka. Gaya kepemimpinan ini cukup menarik dan bagus untuk diterapkan, hanya saja Anda perlu berhati-hati pada beberapa poin tertentu. Misalnya jika Anda terus berperan sebagai coach, maka anggota tim menjadi sulit berkembang cenderung selalu mendapatkan arahan dari pemimpinnya yang selalu bersikap sebagai corrector coach.

The Lover

Ada ungkapan yang menyebutkan jika pemimpin sukses adalah pemimpin yang mencintai anggota timnya. Ungkapan itu menjelaskan betapa pentingnya seorang pemimpin membangun hubungan baik dengan anggota timnya selama bekerja sama. Gaya ini cukup efektif untuk membuat lingkungan kerja menjadi sesuatu yang menyenangkan. Namun di sisi lain, gaya ini bisa menjadi bumerang tersendiri. Sebab bisa membawa Anda kepada kinerja tim yang kurang maksimal karena terlalu fokus untuk membangun hubungan baik, sedangkan target yang perlu dicapai mengalami progres yang lambat.

The Director

kesalahan besar atasan
Sumber: inc.com

Anda bukan tipe pemimpin yang suka berbasa-basi dalam memimpin, maka Anda termasuk pada golongan director style. Ketika Anda memberikan perintah, maka Anda tanpa ragu memberikan tugas tanpa mempertimbangkan hal lainnya dari sisi anggota tim. Gaya memimpin ini cenderung lebih tegas dan langsung, sehingga terkadang memberikan sedikit tekanan tinggi pada lingkungan kerja. Gaya ini sebenarnya cukup baik untuk mencapai progres yang cepat, namun jika dilakukan tanpa gaya penyeimbang lain malah akan memberikan dampak kurang bagus. Di mana para anggota tim akan merasakan self-esteem yang kurang maksimal dan hubungan yang kurang harmonis.

The Hare

Anda sangat fokus pada deadline yang ada dan senang bekerja secepat yang Anda bisa lakukan. Anda membiasakan anggota tim untuk bekerja dalam suatu deadline yang sempit. Gaya ini sebenarnya tidaklah salah karena bisa mencapai efisiensi kerja dengan nilai yang tinggi. Namun jika dilakukan secara berlebihan, maka akan meningkatkan stres dan menghilangkan fokus kerja dalam tim.

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s