Mahasiswa Indonesia Bisa Harumkan Nama Bangsa

Ketua Tim Spektronics ITS, Putu Adhi Rama Wijaya berpendapat, setiap mahasiswa Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berprestasi dan mengharumkan nama kampus serta bangsa Indonesia di dunia. Namun, kata dia, segala keinginan itu harus disertai sebuah usaha, sehingga bisa terwujud.

“Dan tidak mungkin sebuah usaha berjalan mulus dan mudah begitu saja, kesulitan dan keterbatasan itu pasti ada,” kata Putu saat dihubungi Republika, Senin (30/10).

Namun, lanjut dia, segala kesulitan pasti ada jalan keluarnya. Maka dari itu, semua kesulitan itu perlu dikomunikasikan dan dihadapi dengan sungguh-sungguh karena perjuangan itu tidak singkat. Putu mencontohkan, untuk bisa mengikuti lomba kendaraan berbahan bakar kimia yang diselenggarakan American Institute of Chemical Engineers (AIChE) dalam kompetisi bertajuk AIChE Chem-E-Car Competition 2017, timnya butuh waktu setahun untuk persiapan. Mereka juga bekerja keras mencari suntikan dana, untuk bisa berangkat ke negeri Paman Sam agar bisa mengikuti ajang bergengsi tersebut, sebelum bisa menjuarainya.

“Jadi gak sedikit waktu, tenaga, usaha, dan lelah yang kami habiskan buat lomba ini. Dan kami tahu, kalo kami lakukan yang terbaik, hasil pasti mengikuti,” ujar Putu.

Putu meyakini, selama ada kemauan dan usaha, cita-cita para mahasiswa untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia bisa terwujud. Maka dari itu, Putu berpesan agar tidak terpaku pada fasilitas atau dana yang kurang. “Semuanya itu harus dan bisa kita yang usahakan,” kata Putu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Tim Spektronics ITS meraih juara satu lomba kendaraan berbahan bakar kimia yang diselenggarakan American Institute of Chemical Engineers (AIChE) dalam kompetisi bertajuk AIChE Chem-E-Car Competition 2017. Keberhasilan tersebut diraih setelah tim berhasil menyisihkan 43 kompetitornya.

Kompetitor tersebut beberapa diantaranya berasal dari universitas-universitas top di Amerika seperti Arizona, Colorado, Cornell, Iowa, Georgia, Oklahoma, Oregon, California, Cincinnati, Kentucky, Lousiana, Maryland, Michigan, Nebraska, Pittsburgh, Tenesse, Virginia, Washington State University. Ada juga univeraitas top lainnya dari luar Amerika seperti KAIST dari Saudi Arabia, Qatar, Tianjin China, Canada, Yunani, NTU Taiwan, Korea, Hongkong, India, dan Kolumbia.

Source : Republika

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s