Cara Percaya Diri di Depan Kamera

Aku mau sharing tips aja nih, tips yang paling dasar dan kadang disepelekan sama para Kreator (terutama channel Vlog) yang masih awal terjun di dunia Youtube. Yap benar sekali, kalian kan sudah baca judulnya jadi sudah tahu yang mau aku bahas, yaitu “Percaya Diri di Depan Kamera”.

Sayang sekali masih banyak para Kreator muda yang melupakan tetang hal tersebut, yang akhirnya di video mereka terlihat kaku, canggung, kurang asik, dan berujung kurang menarik perhatian viewers.

Sepele sih tapi fatal kan ya kalau sudah bikin konsep – shooting – editing, eh hasilnya gak maksimal karena kita di depan kamera kurang menarik.

Oke tanpa basa-basi lagi ya, ini tips ku untuk kalian supaya Percaya Diri saat di depan kamera:

1. LATIHAN DI DEPAN CERMIN

Ini hal simple yang aku sering lakuin setiap mau buat video (kadang kebawa setiap hari~). Yup.. semisal kalian sudah nentuin jadwal buat video/shooting di hari H, usahakan 3 hari sebelumnya kalian mengkonsep topik apa yang mau kalian omongin?? (disarankan membuat script / naskah), bagaimana pembawaan saat menyampaikan?? Heboh/Sedih/Ceria?? Kemudian kalau sudah ditentukan latihan lah di depan cermin, paling aman sewaktu MANDI (kalau ada cerminnya~), lihatlah ekspresi kalian sendiri apakah sudah sesuai dengan keadaan yang mau dibawakan atau belum?? Otak atik muka kalian agar bisa memberikan ekspresi terbaik. Ingat ekspresi yang pas dapat membuat penonton lebih merasakan apa yang akan kalian sampaikan.

2. PRAKTEK DI DEPAN TEMAN

Kalau kalian sudah latihan di depan cermin, carilah teman dekat yang kritis. Suruh teman kalian untuk kasih komentar apa saja kekurangan saat kalian membawakan topik tersebut. Apakah ada bagian yang membosankan, tidak penting, bertele-tele, dll. Gak usah sedih.. gak usah marah.. dengan cara seperti ini kalian malah bisa tahu bagian-bagian mana yang harus dibenahi, sebelum terlanjur kalian shooting. Dengan cara seperti ini pun akan membuat kepercayaan diri kalian bertambah secara otomatis. Tapi ingat, teman boleh memberikan komentar dan masukan tapi tidak merubah 100% topik kamu, tetap harus disesuaikan ya gaes.

3. KAMERA ADALAH TEMAN 

Siapa bilang cuman Tsubasa yang bisa bilang “Bola adalah teman~”, kita para Kreator juga punya slogan “Kamera adalah teman~”. Nah kalau semua persiapan sudah clear dan menurut kalian sudah pas untuk dibawakan pada saat shooting, anggaplah kamera itu teman kalian, anggaplah kalian berbicara dengan teman. Hayo jangan ketawa.. simple tapi fatal. Kalau kalian sudah beranggapan kamera itu “suatu benda mati”, maka di otak kalian akan otomatis berpikir kalian berbicara dengan “BENDA” yang pada akhirnya kalian gak rileks, merasa aneh, dan kaku (pecuma deh latihan selama ini~) gak gak percuma kalau kalian sudah latihan biasanya tetap bisa memberikan pembawaan yang menarik, namun kalian akan sedikit lebih kaku. Beda hal nya kalau kalian beranggapan kamera itu “TEMAN”, maka kalian akan lebih rileks, lebih santai, dan mungkin kalian bisa improvisasi di luar naskah.

Itu tadi 3 Tips yang sering aku lakuin dan semoga bermanfaat buat kalian, oh ya selain tips diatas lebih bagusnya kalau kalian sering ikut ORGANISASI / KOMUNITAS. Karena skill berbicara kalian akan diasah disitu secara otomatis gaes.

BONUS TIPS:
Waktu kalian latihan di depan cermin, usahakan lihat mata kalian sendiri. Disitu kalian akan berlatih berbicara dengan objek. Karena kalian akan berpikir aneh saat berbicara dengan cermin, nah sama halnya kaya kamera.

Saat shooting minta ditemani teman kalian, suruh teman kalian di belakang kamera. Ini biasa aku lakuin supaya lebih percaya diri, karena kalau kalian susah ngebayangin kamera itu teman, setidaknya ada teman beneran di belakang kamera. Tapi mata kalian tetap tertuju ke kamera ya~

Sekian Gaes, Mangats Berkarya Trus Para Kreator Youtube..

Oleh : Supri Yadi

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s