Wi-Fi, teknologi yang diam-diam membunuh kita secara perlahan

Kita semua tahu, dunia yang kita tempati sekarang ini adalah tempat dimana setiap kita sangat tergantung pada koneksi internet. Ke manapun, entah itu hotel, restoran, kafe, airport, bahkan rumah sakit sekalipun, pasti kita mencari koneksi Wi-Fi. Tapi, ada satu hal yang perlu kita ketahui tentang dampak negatif dari koneksi Wi-Fi.

Tahukah Anda, bahwa perusahaan penyedia router Wi-Fi diharuskan memenuhi beberapa syarat dan norma-norma agar produk mereka aman digunakan oleh kita. Tapi, fakta yang terjadi di lapangan justru berbeda. Router Wi-Fi yang beredar di pasaran dan mungkin yang saat ini berada di rumah Anda, masih belum memenuhi persyaratan keamanan tadi.

Koneksi Wi-Fi bekerja dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Itu artinya, sinyal yang aktif di sekitar kita sesungguhnya sangat berbahaya bagi manusia dan efeknya dapat terlihat dalam jangka waktu panjang.

Studi yang baru-baru ini dilakukan oleh British Health Agency menyimpulkan bahwa router sangat membahayakan kesehatan, bukan hanya bagi manusia tapi juga makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tanaman.

Tanaman yang ditanam di area dengan sinyal WiFi ternyata tidak bisa tumbuh dengan sempurna. Nah, hal ini dapat terjadi juga pada manusia, terutama anak-anak.

Efek negatif yang ditimbulkan oleh paparan gelombang elektromagnetik berlebihan adalah:

  1. Kelelahan kronis
  2. Gangguan tidur
  3. Gangguan kemampuan konsentrasi
  4. Sakit pendengaran
  5. Sakit kepala dengan frekuensi yang sangat sering
  6. Menurunkan fungsi dan kerja otak dalam jangka waktu panjang

Tapi walau bagaimanapun, masih ada upaya yang bisa kita dan keluarga lakukan untuk menghindari efek negatif dari perkembangan teknologi.

  1. Matikan koneksi Wi-Fi sebelum tidur malam hari.
  2. Ketika berada di rumah, gunakanlah telepon kabel untuk mengurangi paparan gelombang elektromagnetik.
  3. Matikan koneksi wireless, ketika tidak seorangpun menggunakannya di rumah. Dengan demikian, Anda sedang menyelamatkan pertumbuhan anak-anak Anda dari bahaya gelombang elektromagnetik.
  4. Jangan letakkan router di kamar tidur ataupun dapur.

Dengan melakukan cara-cara di atas, kita masih tetap bisa meningkatkan kualitas hidup keluarga di tengah kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Oleh : Wiwin Wirwidya Hendra via Keluarga.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s