Tunjukan 7 Soft Skill Berikut Untuk Bisa Sukses Wawancara Kerja

Saat mengajukan aplikasi lamaran kerja, sebagian orang lebih menekankan pada hard skill, khususnya pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk pekerjaan tertentu. Namun, jika Anda ingin bisa sukses wawancara kerja, Anda juga perlu memiliki soft skill yang dapat Anda gunakan untuk mempengaruhi atau menarik perhatian pewawancara sehingga Anda memiliki potensi dan peluang diterima bekerja. Memang benar jika hard skill sangat dibutuhkan oleh perusahaan, namun memiliki soft skill yang mumpuni juga menjadi sangat penting. Hal ini disebabkan karena tidak semua orang memiliki kualitas soft skill karena sulit sekali mengukur kemampuan soft skill seseorang. Dan berikut adalah beberapa soft skill yang perlu Anda miliki untuk bisa sukses wawancara kerja.

Kuasai Soft Skill Ini Untuk Wawancara Kerja

1. Dapat Bekerja Solid Dalam Tim

Maksud dari poin ini tidak hanya menuntut Anda untuk bersikap kooperatif terhadap rekan kerja atau ketua tim, tetapi juga memiliki skill dan kemampuan leadership kuat jika dibutuhkan. Anda tentu tidak akan terus-terusan menjadi anggota tim, bukan? Jadi Anda juga perlu memiliki kemampuan leadership untuk bisa mencuri perhatian pewawancara saat wawancara kerja.

2. Fleksibilitas

Poin fleksibilitas dalam lingkungan kerja sangat penting untuk dimiliki tiap karyawan dan menjadi aset berharga bagi perusahaan. Siapa saja yang dapat beradaptasi pada segala situasi, serta tidak menjadi biang kerok kesulitan orang lain, tim atau perusahaan, ia sangat dibutuhkan karena lingkungan kerja di kantor tidak selalu mulus.

3. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Efektif

Poin soft skill untuk kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain juga sangat penting. Tidak peduli mood dan deadline kerja yang Anda hadapi, namun Anda harus tetap bisa memberi penjelasan dan mampu mengontrol emosi. Selain itu, komunikasi di sini juga melibatkan banyak hal, seperti Anda bisa menjadi pendengar yang baik serta dapat menggunakan body language elegan tanpa harus menyinggung perasaan orang lain.

4. Mampu Menyelesaikan Masalah dan Panjang Akal

Tidak peduli apapun profesi Anda, namun skill untuk bisa menyelesaikan masalah dan memiliki akal atau ide untuk memecahkan masalah tersebut juga menjadi hal kritis yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kenapa? Karena masalah bisa datang kapan saja dan Anda sebagai pelamar kerja dituntut memiliki ide menuntaskan masalah tersebut.

5. Mau Menerima Feedback

Tidak semua orang memiliki kebesaran hati untuk menerima feedback, kritik, atau saran dari orang lain. Yang ada adalah banyak karyawan langsung emosi saat diberi masukan karena kinerja yang dilakukan dan tidak terima sehingga menimbulkan suasana tidak nyaman di kantor. Selain itu, tidak semua orang mau menerima saran dan menerapkan saran dari orang lain sehingga soft skill mau menerima feedback menjadi sangat penting untuk dimiliki bila Anda ingin mendapatkan posisi yang Anda lamar.

6. Percaya Diri

Saat melakukan wawancara kerja, pewawancara bisa langsung mengetahui apakah Anda termasuk pribadi yang memiliki rasa percaya diri atau tidak. Jika ini adalah interview pertama dan Anda masih grogi, cobalah untuk tenang dengan menarik napas panjang sebelum masuk ruang wawancara kerja, atau memberi jeda waktu sebentar sebelum menjawab pertanyaan. Memiliki rasa percaya diri dan cakap membuat pewawancara tertarik untuk merekrut Anda.

7. Berpikir Kreatif

Tidak semua orang memiliki soft skill berpikir kreatif karena ini adalah skill yang cukup unik. Sebagai orang yang mampu berpikir kreatif, Anda akan memiliki banyak ide alternatif atau solusi unik untuk memecahkan masalah. Selain itu, Anda juga mampu membuat inovasi baru atau meningkatkan efisiensi kerja.

Memiliki soft skill tersebut di atas dapat membuat wawancara kerja Anda tidak menegangkan lagi karena interview bisa berjalan lebih santai. Semoga berhasil.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s