4 MANFAAT DARI MAGANG KE LUAR NEGERI

Untuk memenuhi tuntutan dunia karir masa kini, semakin banyak program kuliah yang melibatkan program magang. Program magang bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan yang siap kerja, yang tidak hanya memiliki pengetahuan akademis, tetapi juga dilengkapi dengan keahlian-keahlian yang diperlukan di dunia kerja yang sesungguhnya.

Tergantung program, magang tidak selalu diwajibkan. Selain itu, magang tidak selalu dibayar. Oleh karena itu ada sebagian mahasiswa memilih untuk tidak magang.

Sebenarnya magang, walaupun tanpa bayaran, merupakan program yang saling menguntungkan mahasiswa dan perusahaan. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja, dan berkesempatan untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh di ruang kelas, sementara perusahaan mendapatkan tenaga kerja tanpa bayaran. Selain itu tidak jarang perusahaan akhirnya menjadikan peserta magang menjadi karyawan tetap mereka. Di Inggris, pemerintah menyarankan magang 10 minggu bagi mahasiswa.

Mengetahui pentingnya magang, sekarang banyak universitas yang bekerjasama dengan institusi dan perusahaan asing untuk memudahkan para mahasiswa mereka untuk magang ke luar negeri. Apa saja manfaat dari magang ke luar negeri?

1. Pengalaman kerja internasional

Di jaman globalisasi ini, banyak perusahaan yang memiliki relasi bisnis dengan perusahaan-perusahaan asing. Oleh karena itu, mereka juga membutuhkan karyawan yang bisa bekerja dalam lingkungan multinasional, yang bisa menyesuaikan diri dengan kebudayaan dan kebiasaan negara lain. Jika Anda memiliki pengalaman magang di luar negeri, tentunya ini akan menambah nilai Anda. Pengalaman kerja Anda di luar negeri akan meyakinkan perusahaan bahwa Anda lebih terbuka kepada opini dan perspektif yang berbeda-beda dan mengerti bagaimana berbaur dengan orang-orang dari latar belakang dan kebudayaan yang berbeda-beda.

2. Belajar untuk menerima tantangan

Bekerja di luar negeri akan membawa Anda keluar dari zona nyaman Anda. Anda perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, ditambah dengan lingkungan kerja yang mungkin sebelumnya belum pernah Anda hadapi. Anda perlu mempelajari etika kerja, kebiasaan rekan-rekan kerja, kebudayaan perusahaan dan lain sebagainnya. Hal ini akan melatih kemampuan Anda untuk menghadapi tantangan, mengasah keahlian untuk berpikir kritis dan cepat tanggap, keahlian-keahlian yang disenangi oleh perusahaan.

3. Menambah wawasan

Dengan magang di luar negeri berarti Anda berkesempatan untuk melihat dan mempelajari banyak hal yang mungkin tidak akan Anda temui di negara Anda. Misalnya praktek bisnis, peraturan politik, peraturan hukum yang mempengaruhi bisnis di negara tersebut. Anda bisa membawa pulang semua hal-hal positif yang bisa diterapkan di negara Anda.

4. Mengenal kebudayaan lokal

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengenal suatu kebudayaan daripada terjun langsung ke masyarakat tersebut. Dengan magang ke luar negeri, Anda bisa bergaul dengan teman-teman baru, mempelajari bahasa baru, dan mempelajari kebudayaan dan kebiasaan masyarakat lokal.

Source : Hotcourses.co.id

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s