Hastag Campus

25 Pekerjaan dengan Gaji Terbesar di Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan salah satu negara incaran para pencari kerja. Selain memiliki perusahaan-perusahaan bonafid yang bergerak di beragam bidang, Amerika Serikat juga disebut-sebut memiliki standar gaji yang tinggi.

Pertanyaannya, profesi apa saja yang gajinya paling tinggi di negara adidaya tersebut? Menurut Glassdoor.com, situs lowongan kerja ternama luar negeri, ada 25 pekerjaan dengan gaji terbesar di Amerika Serikat pada 2016. Berikut rata-rata gaji tahunan dan deskripsi singkat ke-25 pekerjaan tersebut.

 1. Dokter dan Ahli Bedah

Gaji rata-rata: $180.000

Peringkat satu pekerjaan dengan gaji terbesar di Amerika Serikat dipegang oleh profesi dokter dan ahli bedah (surgeon). Perbedaannya, dokter memeriksa penyakit yang diderita pasien melalui catatan medis, menginterpretasikan diagnosanya, menyarankan pola makan, serta tindakan pencegahan dari penyakit.

Sementara itu ahli bedah khusus menangani pasien yang mengalami cedera seperti patah tulang, pasien yang memiliki tumor yang perlu diangkat, dan segala hal yang membutuhkan pembedahan.

Gaji yang tinggi ini setara dengan lama belajarnya, 4 tahun untuk jenjang sarjana, 4 tahun sekolah khusus medis, serta 3-7 tahun spesialisasi termasuk magang dan residensi di rumah sakit.

2. Pengacara

Gaji rata-rata: $144.500

Pengacara bekerja dengan memberi masukan dan menjadi wakil atas individu atau lembaga yang terlibat isu-isu hukum serta perselisihan.

Pengacara dibayar dengan biaya bervariasi tergantung dengan kasus hukum yang dikuasainya.  Pengacara biasanya bekerja pada kantor swasta, atau dapat pula bekerja untuk pemerintah. Jam kerjanya cukup padat, dapat mencapai hingga 40 jam dalam satu minggu.

 3. Manajer R&D

Gaji rata-rata: $142.120

Manajer riset dan pengembangan mempunyai peran yang sangat bervariasi tergantung di perusahaan apa mereka bekerja. Pengembangan dapat berupa meningkatkan desain produk hingga membangun relasi baru untuk menambah staf perusahaan.

 4. Manajer Pengembangan Perangkat Lunak

Gaji rata-rata: $132.000

Di balik program-program komputer yang canggih, terdapat para software developer yang memiliki ide kreatif untuk membangun aplikasi yang memudahkan manusia mengerjakan sesuatu dengan menggunakan komputer. Termasuk pula mengembangkan sistem untuk menjalankan suatu progran atau mengontrol jaringan.

Biasanya dibutuhkan gelar sarjana dari pendidikan ilmu komputer serta kemampuan membuat program komputer yang kuat untuk bekerja di bidang ini.

 5. Manajer Apoteker

Gaji rata-rata: $130.000

Bertugas mengkoordinasi seluruh apoteker. Manajer apoteker paling tidak memerlukan pendidikan hingga S3 atau dengan gelar doktor di bidang farmasi.

 6. Manajer Strategi

Gaji rata-rata: $130.000

Pekerjaan dengan gaji terbesar selanjutnya ialah manajer strategi. Bertugas mengawasi rencana perusahaan untuk membangun kerja sama dengan pihak lain, menginisiasi ide-ide untuk membuat profit perusahaan berkembang dan tumbuh.

 7. Perancang Perangkat Lunak

Gaji rata-rata: $128.250

Perancang perangkat lunak (software architect) merupakan orang yang bertugas membuat pilihan desain level tinggi, termasuk standar coding, peralatan, dan platform.

 8. Insinyur Desainer Integrated Circuit

Gaji rata-rata: $127.500

Mereka adalah orang-orang yang menyediakan desain elektrik untuk menyelesaikan masalah teknis hardware. Biasanya memerlukan pendidikan di bidang teknik elektro.

9. Manajer IT

Gaji rata-rata: $120.000

Manajer teknologi informasi bertugas untuk memastikan seluruh peralatan, software, dan jaringan pada perusahaan bekerja dengan baik, dan mengeksekusi tujuan teknologi informasi pada perusahaan tersebut.

10. Perancang Solusi

Gaji rata-rata: $120.000

Perancang solusi (solutions architect) merupakan orang yang memimpin atau membantu desain suatu produk atau proyek, namun juga sangat terlibat dalam hal teknisnya. Pendidikan yang diperlukan sangat bervariasi dari mulai sarjana sistem komputer, sistem informasi, hingga master teknik atau marketing.

 11. Engagement Manajer

Gaji rata-rata: $120.000

Bertugas membangun hubungan dengan klien perusahaan. Profesi ini membutuhkan kemampuan di bidang marketing dan manajemen proyek.

12. Manajer Pengembangan Aplikasi

Gaji rata-rata: $120.000

Bertugas mengawasi dan memperbaiki sistem dan software internal perusahaan. Biasanya dibutuhkan gelar sarjana dan beberapa tahun pengalaman di bidang yang sama untuk mendapatkan posisi ini.

 13. Apoteker

Gaji rata-rata: $118.000

Apoteker bekerja dengan menerjemahkan resep dokter yang kemudian ditukar dengan obat yang tepat. Apoteker bertanggung jawab untuk menjelaskan penggunaan obat secara benar dan aman, mengawasi cara pemakaian obat, serta menyarankan gaya hidup sehat.

Apoteker biasanya bekerja di toko obat, rumah sakit, maupun pusat pelayanan kesehatan lainnya. Di Amerika serikat, apoteker merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji terbesar dan harus memiliki gelar doktor, jam kerjanya pun panjang dan terkadang masuk di shift akhir pekan.

 14. Perancang Sistem

Gaji rata-rata: $116.920

Perancang sistem (system architect) merupakan profesional di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang merancang sistem komputer yang terdiri atas softwaredan hardware. Hal ini termasuk menangani kerusakan sistem serta menangani interaksi komponen dan interface.

 15. Manajer Keuangan

Gaji rata-rata: $115.000

Manajer keuangan merupakan profesional yang bertanggung jawab membuat laporan keuangan, mengatur incestasi, serta merancang strategi dan rencana untuk tujuan keuangan jangka panjang.

Sebelum menjadi manajer keuangan, biasanya diperlukan lebih dari 5 tahun pengalaman di bidang finansial, akuntansi, maupun di bidang yang berhubungan dengannya.

 16. Ilmuan Data

Gaji rata-rata: $115.000

Secara umum, ilmuan data (data scientist) merupakan profesional yang dapat menginterpretasikan data.  Ilmuan peneliti data juga menyelesaikan masalah kompleks untuk berbagai perhitungan.

Diperlukan kemampuan statistik yang baik karena pekerjaannya sangat menyita waktu untuk memproses data mulai dari pengumpulan data, ‘membersihkan’ data, dan menginterpretasikannya.

17. Manajer Risiko

Gaji rata-rata: $115.000

Seorang manajer risiko bertanggung jawab di bidang asuransi aset perusahaan, liabilitas dan kewajiban hukum.

Manajer risiko juga memberikan masukan kepada pemimpin perusahaan berbagai risiko yang berpotensi mempengaruhi keuntungan di masa mendatang, mengidentifikasi bahaya-bahaya apa saja yang dapat merusak aset, serta merencanakan bagaimana cara mengurangi risiko tersebut.

 18. Pengarah Kreatif

Gaji rata-rata: $115.000

Pengarah kreatif (creative director) merupakan orang yang bekerja di perusahaan periklanan serta marketing, bersama-sama dengan desainer, seniman, copywriter, tim penjualan untuk merencanakan bagaiman sebuah produk dapat diterima banyak orang.

Pengarah kreatif bertugas merencanakan konsep periklanan, mengawasi proses kreatif serta memberikan arahan untuk orang-orang kreatif yang bekerja dibawahnya.

 19. Aktuaris

Gaji rata-rata: $115.000

Secara umum, aktuaris adalah orang yang bertanggung jawab memanajemen risiko dan ketidakpastian. Bekerja di berbagai perusahaan, namun utamanya di bagian asuransi dan dana pensiun.

Seorang aktuaris memiliki kemampuan untuk menganalisa potensi kejadian yang tidak diinginkan terjadi dan membuat rencana untuk menghindarinya.

20. Perancang Data

Gaji rata-rata: $113.000

Perancang data (database architect) merupakan profesional yang membuat dan mengatur penyimpanan database perusahaan yang jumlahnya besar menjadi teratur dan terorganisasi.

 21. Manajer Pajak

Gaji rata-rata: $110.000

Bekerja dengan mengawasi rencana pajak dari suatu perusahaan. Biasanya diperlukan pendidikan di bidang akuntansi untuk mendapatkan posisi ini.

 22. Manajer Produk

Gaji rata-rata: $107.000

Merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mendefinisikan ‘mengapa’, ‘apa’, dan ‘kapan’ sebuah produk dibuat. Mereka merupakan CEO produk, yang membuat konsep hingga sebuah produk dapat di-launching.

 23. Manajer Desain

Gaji rata-rata: $106.500

Bertugas memberikan bayangan dan mengeksekusi pengalaman customer atau klien dengan perusahaan.

 24. Manajer Analis

Gaji rata-rata: $106.000

Membutuhkan kemampuan kuat di bidang statistik dan analisis data. Bertanggung jawab membuat konfigurasi, desain, implementasi, dan pendukung solusi analisis data.

 25. Manajer Sistem Informasi

Gaji rata-rata: $106.000

Bertanggung jawab untuk merencanakan sistem informasi, instalasi dan maintenance, termasuk update hardware dan software terbaru.

Semoga ke-25 pekerjaan dengan gaji terbesar di atas membantu Anda yang ingin meniti karier di Amerika Serikat.

Sumber : www.duniakaryawan.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

One reply to “25 Pekerjaan dengan Gaji Terbesar di Amerika Serikat

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star