12 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Kamu Yang Sibuk

Keterampilan berbahasa Inggris sangat diperlukan di dunia kerja, terutama di perusahaan asing. Sebagai karyawan, Anda perlu memiliki keterampilan berbahasa Inggris agar dapat bersaing di tempat kerja. Seorang karyawan yang menguasai bahasa Inggris merupakan aset yang berharga untuk perusahaan.

Namun, di tengah kesibukan yang begitu padat bagaimana Anda bisa meluangkan waktu untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak? Tentu ini menjadi sebuah permasalahan baru. Jangankan untuk belajar, waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor saja sering kurang.

Nah, bagaimana caranya agar bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak walaupun kerjaan menumpuk? Jangan khawatir, 12 tips berikut ini bisa Anda coba.

1. Dengarkan lagu atau tonton video bahasa Inggris saat istirahat jam kantor

Lagu merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Benny Lewis, seorang polyglot mengungkap berbagai manfaat mendengarkan lagu berbahasa Inggris, salah satunya memperbanyak kosakata dan kemampuan mendengarkan. Tidak hanya itu, ikut bernyanyi dengan Bahasa Inggris membuat Anda melatih kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.

Hal ini sangat baik Anda lakukan saat jam istirahat kantor. Setiap lagu biasanya berdurasi 3 sampai 5 menit. Atur waktu istirahat Anda agar dapat mendengarkan lebih dari satu lagu atau video bahasa Inggris favorit Anda, misalnya di video dari Youtube.

2. Selipkan kata-kata dalam bahasa Inggris saat mencatat

Jika Anda termasuk karyawan yang rajin mencatat saat pelatihan atau kegiatan lain di kantor, Anda perlu mengikuti satu tips ini. Gunakan beberapa kosakata bahasa Inggris dalam catatan Anda. Jangan terlalu memikirkan spelling atau ejaan yang benar, yang penting Anda tulis saja dulu kata-kata tersebut.

Saat jam istirahat kantor, Anda bisa gunakan beberapa menit untuk mengecek spelling yang benar dalam Kamus Bahasa Inggris. Cara ini akan membantu Anda meningkatkan kemampuan menulis.

3. Selipkan sesekali bahasa Inggris dalam percakapan di kantor

Melakukan percakapan dengan orang lain adalah cara yang ampuh untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak. Sesibuk apapun Anda di kantor, pasti Anda punya waktu walaupun hanya sebentar untuk bercakap dengan rekan kerja. Gunakan waktu emas tersebut untuk bercakap dalam bahasa Inggris.

Jangan pernah malu untuk memulai percakapan dalam bahasa Inggris. Jika Anda salah dalam mengucapkan sebuah kata, tidak masalah. Toh, Anda sedang belajar. Jadi Anda bisa belajar pula dari kesalahan tersebut.

4. Menggunakan bahasa Inggris saat presentasi

Selain dalam obrolan ringan, tidak ada salahnya Anda melatih komunikasi formal dalam bahasa Inggris. Entah hanya sekedar memberi salam atau bertanya apakah peserta mengerti presentasi Anda dengan mengajukan pertanyaan, “Do you have any question?

Dengan melatih komunikasi dalam Bahasa Inggris di kantor, hal ini akan membuat Anda lebih semangat bekerja dan mempelajari bahasa Inggris karena Anda menggunakan bahasa tersebut dalam keseharian, baik itu formal maupun non formal.

5. Ajukan program “English Day” kepada perusahaan

Sebuah program dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan Anda. Selain membuat program belajar untuk diri sendiri, Anda pun dapat mengajukan sebuah program yang berkaitan dengan bahasa Inggris kepada perusahaan Anda. Misalnya “English Day” yaitu dalam satu hari tertentu semua karyawan wajib menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan sehari-hari.

Ide tersebut tentu akan disambut baik oleh atasan Anda, jika Anda mengajukannya dengan penjelasan-penjelasan yang logis dan bermanfaat bagi karyawan dan perusahaan. Tentu hal ini akan menggembirakan atasan karena Anda termasuk karyawan yang peduli dengan perkembangan perusahaan.

6. Gabung di komunitas belajar bahasa Inggris online

Di tengah kesibukan Anda yang begitu padat, luangkanlah waktu untuk bergabung di komunitas belajar bahasa Inggris online. Jika Anda membaca artikel ini, tentu Anda termasuk karyawan yang suka online dan mencari sumber dari internet. Nah, gabung di komunitas belajar bahasa Inggris online memperluas interaksi Anda dengan lebih banyak orang yang tertarik bahasa tersebut.

Anda dapat memperkenalkan diri, mengajukan pertanyaan atau membahas topik menarik dalam Bahasa Inggris. Di samping itu, Anda akan menambah pergaulan dengan orang-orang di seluruh dunia. Jadi cari komunitas belajar bahasa Inggris yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan penutur asli atau native speaker.

7. Bagaimanapun juga Anda perlu meluangkan waktu belajar di rumah

Tentu perlu pengorbanan dalam belajar bahasa Inggris tanpa kursus dan bisa secara otodidak. Nah, Anda tetap perlu meluangkan waktu untuk belajar bahasa tersebut di rumah. Belajar di sini maksudnya tidak membaca buku pelajaran atau menghapal struktur kalimat bahasa Inggris (grammar), namun melibatkan anggota keluarga lainnya dalam percakapan bahasa Inggris di tempat tinggal Anda.

Jadi lakukan hal-hal yang menyenangkan terkait bahasa Inggris yang sekaligus bisa menjadi kegiatan refreshing Anda di rumah setelah seharian bekerja di kantor, seperti bermain game atau membaca cerita lucu dalam bahasa Inggris.

8. Cari situs atau blog belajar bahasa Inggris gratis

Di internet ada banyak situs belajar bahasa Inggris gratis yang dapat Anda manfaatkan di sela-sela kesibukan di kantor, seperti BritichCouncilESLaboutVOAnewsEnglishCentral,NewsinLevel, dan TipsBelajarBahasaInggris.com.

Semua materi Bahasa Inggris dalam situs-situs tersebut dapat Anda pilih sesuai dengan kemampuan Anda. Bahkan materi-materi tersebut dapat Anda salin atau download dan simpan di komputer Anda sehingga apabila diperlukan Anda bisa segera melihatnya.

Dalam situs belajar bahasa Inggris ini biasanya ada berita-berita dalam Bahasa Inggris. BBC juga telah menyediakan satu situs belajar bahasa Inggris yang menampilkan berita-berita dalam bahasa Inggris dan beberapa kata sulit di akhir tulisan beserta terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Dalam situs lain JokesinLevel, lelucon yang dikemas dalam berbagai level bisa Anda pilih dan baca.

Selain itu, sejumlah audio dan video juga tersedia agar Anda terbiasa mendengarkan percakapan bule. Jadi, jangan hanya gunakan internat untuk mencari bahan kerjaan kantor saja, manfaatkanlah internet untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris Anda.

9. Bertanya kepada teman sekantor yang mahir bahasa Inggris

Perhatikan rekan kerja Anda. Adakah di antara mereka yang memiliki kemampuan yang lebih dalam bahasa Inggris? Atau mungkin atasan Anda telah mahir berbahasa Inggris?

Nah, bertanyalah kepada mereka tentang apa saja terkait bahasa Inggris. Bertanya kepada rekan kerja atau orang yang lebih mahir bahasa Inggris akan memberi Anda pengetahuan yang lebih banyak.

Lakukan diskusi kecil dan singkat dengan mereka. Diskusi-diskusi singkat ini bisa jadi memberi semangat Anda untuk lebih menggali materi-materi bahasa Inggris karena Anda telah memiliki rekan belajar. Namun, jika Anda tidak memiliki teman diskusi di kantor, Anda bisa mencarinya di luar kantor atau di lingkungan tempat tinggal Anda.

10. Menyenangi adalah kunci sukses bisa berbahasa Inggris

Akan lebih baik jika Anda belajar bahasa Inggris dengan perasaan senang. Mengapa? Karena belajar Bahasa Inggris itu ibarat belajar naik sepeda. Sesekali atau bahkan seringkali Anda akan mengalami kesulitan dalam mengucapkan sebuah kata atau kalimat, membuat kalimat yang benar, atau mengekspresikan apapun yang ada di kepala Anda. Jika Anda tidak memiliki modal senang, Anda akan mudah menyerah karena merasa Anda sudah tua atau tidak mampu untuk belajar lagi.

Bagaimana jika Anda belum menyenangi bahasa Inggris? Anda harus menentukan tujuan mengapa Anda belajar bahasa Inggris. Pikirkan manfaat dan hal-hal menyenangkan yang akan Anda peroleh setelah menguasai bahasa ini. Dengan begitu Anda akan memaksa diri untuk menyenangi belajar bahasa Inggris. Lama-lama Anda percaya diri Anda meningkat dan terbiasa untuk menikmati proses belajar tersebut.

11. Sabar dalam proses belajar bahasa Inggris

Selain menyenanginya, Anda harus memupuk kesabaran yang tinggi dalam proses belajar ini. Menguasai bahasa Inggris secara otodidak, tanpa guru les atau kursus bukanlah hal yang mustahil asalkan Anda sabar dalam berproses. Kemampuan berbahasa Inggris tidak serta merta Anda peroleh setelah satu hari belajar. Anda perlu menikmati proses jatuh bangun dalam kesulitan belajar dan tetap sabar dalam mencari jalan keluar.

Banyak orang yang mengaku telah meluangkan waktu banyak untuk belajar namun belum bisa juga, hingga akhirnya mereka menyerah dengan keadaan. Kesabaran sangat penting sehingga Anda bisa melalui setiap level dengan baik dan tanpa terbebani. Dan pada akhirnya Anda akan merasakan buah manis dari kesabaran Anda.

12. Berlatihlah secara konsisten dan terus menerus

Ini adalah tips yang terakhir dan bisa menjadi pondasi yang kuat untuk membuat Anda sampai pada tujuan menguasai bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris tidak hanya dilakukan sewaktu-waktu saja, apalagi kalau menunggu mood yang bagus untuk mulai belajar. Anda tidak akan pernah menemukan mood yang bagus kecuali Anda membuatmood tersebut. Memang perlu pemaksaan untuk mengawali sesuatu agar menjadi sebuah kebiasaan. Begitu pula untuk belajar bahasa Inggris.

Tapi pemaksaan itu akan menjadi sebuah kebiasaan setelah melakukannya secara konsisten dan terus-menerus selama 21 hari atau 3 minggu. Selanjutnya, akan aneh rasanya jika Anda tidak menggunakan bahasa Inggris dalam satu hari saja karena sudah menjadi kebiasaan. Ala bisa karena biasa.

Untuk menguasai bahasa Inggris secara otodidak, Anda perlu melakukan usaha-usaha yang sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan setelahnya. Sesibuk apa pun Anda, aturlah waktu sehingga Anda bisa meluangkan beberapa menit untuk sekedar bercakap, menulis, membaca atau mendengarkan lagu bahasa Inggris.

Jika Anda serius dan tekun, tentu Anda akan segera mahir. Masalah kapan Anda bisa, itu semua tergantung seberapa besar niat dan sejauh mana usaha Anda dalam belajar bahasa Inggris.

Sumber : www.duniakaryawan.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s