Ini 10 Alasan Fakultas Ekonomi Selalu Menjadi Fakultas Favorit Mahasiswa

money-1622115_1280

Fakultas Ekonomi merupakan salah satu fakultas yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa dalam mengambil jurusan kuliah yang hendak diambil.

Pada setiap pembukaan seleksi mahasiswa di universitas – universitas di Indonesia, Fakultas Ekonomi memiliki jumlah peminat salah satu yang terbanyak.

Hal tersebut memang menjadi trend pada saat seleksi diadakan. Banyak yang beranggapan bahwa Fakultas Ekonomi merupakan fakultas pasar yang nantinya dibutuhkan oleh banyak perusahaan dan instansi.

Tahukah anda mengapa Fakultas Ekonomi menjadi salah satu fakultas dengan minat terbanyak pada setiap pembukaan seleksi masuk perguruan tinggi?

Berikut ini merupakan ulasan mengenai alasan – alasan yang kami rangkum ada 10 alasan utama yang menjadi dasar pertimbangan mengapa Fakultas Ekonomi sangat digemari oleh para calon mahasiswa yang hendak kuliah di perguruan tinggi. Mari kita simak bersama!

1. Ilmu bidang ekonomi memegang peranan vital dalam kehidupan sehari – hari masyarakat

important-1702878_960_720

Photo: pixabay.com

Bidang ekonomi merupakan bidang vital dan pokok dalam kehidupan sehari – hari masyarakat.

Manusia memang dalam kehidupannya tidak bisa lepas dari bidang ekonomi. Dimana dalam upaya memenuhi kebutuhannya bidang ekonomilah yang dituju manusia sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Apalagi dunia modern pada jaman sekarang, dunia ekonomi sangatlah berkembang sehingga ilmu dalam bidang ekonomi sangatlah diperlukan untuk perkembangan dunia perokonomian yang memang digeluti oleh umat manusia.

2. Lulusan Fakultas Ekonomi memiliki peranan strategis dalam dunia pekerjaan nantinya

chess-1215079_1280

Photo: pixabay.com

Jika kita mengambil Fakultas Ekonomi sebagai tujuan studi kuliah kita, lulusan dari Fakultas Ekonomi banyak memegang peranan penting dan strategis dalam dunia pekerjaan nantinya.

Sebagai contoh, bankir, ekonom, pengusaha, bahkan pejabat bidang ekonomi merupakan lulusan yang berasal dari Fakultas Ekonomi sebuah perguruan tinggi dimana memang nantinya memegang peranan yang penting dan strategis dalam dunia pekerjaan yang nantinya mereka geluti kedepan.

3. Lulusan Fakultas Ekonomi juga dibutuhkan oleh dunia perdagangan global

Lulusan Fakultas Ekonomi bukan hanya dibutuhkan oleh sebuah perusahaan ataupun negara, melainkan juga dibutuhkan oleh dunia perdagangan global.

Perkembangan dunia perdagangan pada saat ini bukan hanya terkait dengan manusia dengan manusia saja ataupun manusia dengan perusahaan di sebuah wilayah, melainkan juga dalam skup dunia global kegiatan ekonomi dan perdagangan dunia digerakkan guna memenuhi kebutuhan hidup dari manusia dan negara yang menjadi subyeknya.

4. Fakultas Ekonomi lebih terjangkau biayanya jika dibandingkan dengan Fakultas Kedokteran sebagai pilihan yang terfavorit dalam mengambil jurusan

Untuk ukuran fakultas favorit, Fakultas Ekonomi lebih terjangkau dalam hal pembiayaan kuliahnya dimana jika dibandingkan dengan Fakultas Kedokteran yang sangat mahal, hal ini menjadikan banyak para calon mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi menjadi fakultas tujuan tempat mereka berkuliah.

Biaya tentu menjadi penting mengingat pendidikan juga memerlukan biaya. Hal inilah yang sekiranya diperhatikan bagi para calon mahasiswa dalam upaya memilih jurusan maupun fakultas yang dipilih kedepannya.

5. Ilmu bidang ekonomi bukan hanya sebagai bekal mencari pekerjaan melainkan juga bisa dijadikan dasar untuk membuka lapangan pekerjaan

suit-453476_1280

Photo: pixabay.com

Fakultas Ekonomi bukan hanya mengajarkan bekal pengetahuan dan skill untuk mencari pekerjaan belaka, namun ilmunya juga bisa digunakan untuk dasar membuka lapangan pekerjaan.

Dengan kompetensi keilmuan perihal dunia ekonomi, lulusan sarjana ekonomi bisa membuka lapangan pekerjaan dengan ilmu dan keterampilan yang mereka miliki yang sudah diajarkan selama menjalani masa perkuliahan. Inilah salah satu alasan yang penting mengapa Fakultas Ekonomi banyak diburu oleh para calon mahasiswa dalam memilih jurusan ataupun fakultas dalam kuliahnya.

6. Lulusan Fakultas Ekonomi sangat diminati oleh dunia pekerjaan dan perusahaan

workplace-953162_1280

Lulusan dari Fakultas Ekonomi pangsa pasarnya memang banyak dalam hal dunia pekerjaan.

Lulusan dari Fakultas Ekonomi ini sangat diminati oleh perusahaan – perusahaan yang ada di Indonesia maupun dunia.

Terutama bagi para lulusan fakultas ekonomi dari universitas yang favorit tentu merupakan keuntungan tersendiri karena jaringan alumni yang memang sudah terbentuk dan mendominasi di dunia pekerjaan tentunya.

Alasan ini bisa kita lihat pada setiap pemuatan lowongan pekerjaan, lulusan dari Fakultas Ekonomi pasti diburu oleh para perusahaan untuk dapat bergabung dengan perusahaan tersebut dan berkarir didalamnya kedepannya.

7. Ilmu bidang ekonomi ilmunya sangat aplikatif dalam keseharian manusia

Passive-3d-tv-technology

Bukan hanya soal teori dan kemampuan yang diajarkan di Fakultas Ekonomi, namun ilmu di bidang ekonomi merupakan salah satu ilmu yang aplikatif dimana bisa digunakan dalam hal – hal penting yang mungkin dibutuhkan oleh masyarakat.

Sebagai contoh ilmu akuntansi bisa diterapkan oleh mahasiswa yang dibutuhkan oleh pedagang yang membutuhkan hitungan akuntansi dalam kegiatan perekonomiannya.

Inilah yang disebut ilmu yang aplikatif karena bisa digunakan dalam hal keseharian kita.

8. Fakultas Ekonomi memiliki jurusan yang bervariatif sehingga banyak pilihan ketika kuliah mengambil Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi merupakan salah satu fakultas dengan jurusan yang bervariatif dimana para calon mahasiswa bisa memiliki banyak referensi pilihan sebelum menentukan jurusan yang hendak dia ambil.

Jurusan seperti ilmu ekonomi, manajemen, pajak, akuntansi, ilmu ekonomi pembangunan, pemasaran, dan sebagainya merupakan pilihan yang bervariatif dimana bisa kita manfaatkan sebagai referensi sebelum memilih jurusan dalam berkuliah di sebuah perguruan tinggi.

9. Fakultas Ekonomi bukan hanya ilmu aplikatif saja, melainkan juga memiliki ilmu profesi yang bisa dipilih

imgres

Photo: pixabay.com

Pendidikan yang bisa ditempuh di Fakultas Ekonomi bukan hanya jenjang diploma, sarjana, magister, maupun doktor melainkan juga pendidikan keprofesian yang bisa kita tempuh di Fakultas Ekonomi.

Profesi seperti ahli pajak, dosen ekonomi, dan akuntan merupakan pilihan profesi yang bisa kita jadikan sebagai mata pencaharian kita kedepan.

Jadi Fakultas Ekonomi memang salah satu fakultas yang menarik bagi kita yang bingung dalam mencari jurusan ataupun fakultas favorit untuk dijadikan pilihan berkuliah.

10. Ilmu bidang ekonomi merupakan ilmu yang sudah lama ada sehingga keberadaannya juga selalu disesuaikan dengan perkembangan jaman

time-699965_1280

Photo: pixabay.com

Ilmu di bidang ekonomi merupakan salah satu ilmu yang tertua dimana sudah ada sejak lama dan dalam perkembangannya pada jaman sekarang yang sudah modern, ilmu di bidang ekonomi juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan jaman.

Ilmu di bidang ekonomi banyak sekali mengalami kemajuan dan penyesuaian dimana perkembangan jaman memang mengharuskan hal tersebut, agar nantinya para lulusan juga bisa dengan mudah menyesuaikan diri di dunia pekerjaan yang mereka tekuni.

Itulah 10 alasan kenapa Fakultas Ekonomi merupakan salah satu fakultas yang banyak diminati dan menjadi favorit bagi para calon mahasiswa yang hendak mengambil kuliah.

Begitu banyak alasan yang sudah kami tuangkan diatas, semoga bisa menjadi bahan referensi dan berguna juga bagi pihak yang membutuhkannya.

Ulasan informatif ini kami sajikan agar bisa menjadi wacana tambahan bagi siapa saja. Nah bagaimana dengan anda? Apakah anda berminat kuliah di Fakultas Ekonomi di perguruan tinggi di Indonesia? hehehe

Source : Miner8.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

One comment

  1. Betul banget..tapi, klo saya lihat secara kasat mata ya skdar pndpat saja. Bnyak lulusan ekonomi itu lebih condong ke dunia kerja misal di perbankan. Sedangkan dalam dunia usaha sngat sedikit sekali, kenapa ya?

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s