9 Teknik Presentasi Steve Jobs yang Membuat Apple Mendunia

Sudah menjadi rahasia publik bahwa presentasi adalah salah satu penyampaian informasi penting yang diharapkan mampu memberikan impact berupa umpan balik dari audience. Teknik komunikasi ini terkadang menjadi jantung dari keberhasilan seseorang, terlebih untuk personal branding atau product launching di suatu perusahaan. Berikut merupakan 9 teknik presentasi Steve Jobs yang ber-impact raksasa pada Apple:

1. Ciptakan Cerita Dibalik Sebuah Presentasi

01

Bagaimana menciptakan cerita dibalik presentasi adalah rahasia penting mencapai presentasi yang memukau, karena cerita disukai banyak orang dan akan terus diingat. Contohnya, saat Steve Jobs memperkenalkan Ipod yang bukan hanya sekedar pemutar musik, namun Ipod adalah ”1000 lagu yang muat dalam saku anda”.

2. Gunakan Slide Sederhana yang Kuat Secara Visual

(tokumoto.jp)

Slide yang baik memiliki tiga kriteria, yaitu sederhana, membantu audience, dan tepat sasaran. Dengan slide sederhana yang kuat secara visual, Steve Jobs mengunggah imajinasi audience. Jadi buat kamu yang mau presentasi, belajarlah membuat slide sederhana namun kuat secara visual ya…

3. Gunakan Aturan Tiga Bagian

(macdigger.ru)

Aturan tiga bagian sangat dikenal dalam penulisan pidato, aturan ini membuat orang terbiasa memahami sesuatu dalam tiga bagian. Steve Jobs selalu merangkum fitur produk yang kompleks menjadi tiga bagian. Seperti saat menjelaskan iPhone, Jobs menyebutnya sebagai pemutar music (iPod), telepon, dan alat komunikasi internet. Jadi, pecahlah informasi menjadi tiga bagian untuk menciptakan kekuatan dalam presentasi kamu.

4. Bantu Audience Memahami Statistik dan Data

youtube.com

Ciptakan kisah dibalik statistik data, sehingga statistik data akan memiliki kekuatan dan daya tarik. Steve jobs selalu menampilkan cerita menarik dibalik angka yang ditampilkan, seperti saat Jobs menjelaskan jumlah lagu yang sudah terjual melalui iTunes dengan mengatakan “5 Juta lagu telah terjual, itu tandanya 58 lagu terjual setiap detik dan itu terjadi setiap hari”. Ciptakan cerita dibalik statistik data-mu sehinga tak menjadi data tanpa makna.

5. Ciptakan Momen Kejutan Luar Biasa

(theregister.co.uk)

Ciptakan momen kejutan yang luar biasa yang akan menjadi momen paling diingat oleh audience sekaligus mampu merangkum keseluruhan presentasi kamu. Pada pengenalan Macbook Air, Steve Jobs mengeluarkan Macbook dari dalam amplop coklat dan momen ini berhasil membuat audience terkejut. Hal tersebut menggambarkan ukuran Macbook dengan jelas tanpa memerlukan banyak tenaga dan emosi.

6. Latihan Untuk Kesempurnaan

(appleinsider.com)

Sadari pentingnya berlatih dan lakukan latihan dengan sepenuh hati, seperti yang dilakukan Steve Jobs. Jobs memperhatikan setiap detail yang akan ditampilkan pada saat presentasi. Tak heran jika Jobs tampil sangan rileks pada saat presentasi, karena dia memahami segala hal dalam presentasinya mulai dari kalimat pembuka hingga demonstrasi produk yang akan dipresentasikan. Jobs juga berlatik presentasi berjam-jam, tidak hanya satu atau dua kali namun berkali kali. Keberhasilan presentasi Jobs bukan hanya sebuah kebetulan, tetapi memang hal yang sudah disiapkan dengan matang.

7. Have Fun, Nikmati Presentasi Anda

(s-media-cache-ak0.pinimg.com)

Nikmati presentasi dengan menyelipkan humor dan memilih kata-kata yang membuat audience tersenyum, sehingga suasana presentasi tidak harus selalu tegang dan serius. Seperti saat Steve Jobs melakukan presentasi peluncuran iPhone pada tahun 2007, dipertengahan presentasi sesuatu yang tak diduga terjadi. Clicker-nya tiba-tiba tidak bekerja, namun Jobs tidak lantas kesal atau menyerah. Saat menunggu permasalahan tersebut terpecahkan, Jobs melempar lelucon dan mengisi waktu luang dengan mengubah topik pembicaraan dengan menceritakan apa yang dia lakukan dengan Steve Wozniak saat sekolah, bahkan juga melakukan gerakan-gerakan aneh di atas panggung. Inilah salah satu karakter presenter kelas dunia yang perlu ditiru, yaitu tidak terpengaruh oleh keadaan tak terduga yang mungkin timbul.

8. Tunjukkan Passion Anda

(crowell.biola.edu)

Kamu perlu menunjukkan semangatmu kepada audience. Ingat!! Antusiasme itu menular. Jika kamu bergairah, termotivasi, dan percaya diri, maka audience pun akan terpengaruh. Inilah yang selalu dilakukan oleh Steve Jobs. Dia selalu yakin dengan apa yang harus dia sampaikan. Itu sebabnya jiwanya memancar melalui matanya, gesture, nada suara, dan setiap demo yang dia lakukan. Presentasi tanpa passion terasa hambar. Tidak ada kejutan yang memotivasi audience untuk terus menyimak presentasi anda.

9. Gunakan Kata-Kata Powerful namun Mudah Dipahami

(webdinary.com)

Pemilihan kata-kata saat menyampaikan presentasi memiliki kekuatan besar dalam menciptakan impact raksasa disuatu presentasi. Itu sebabnya berlatih itu sangat penting, karena disaat itulah pemilihan kata akan dilakukan. Steve Jobs sangat memperhatikan hal ini, seperti saat Jobs mengenalkan iPhone dengan berkata “Hari ini, Apple akan menemukan kembali teleponnya”. Tak hanya itu, Jobs juga sering menggunakan kata-kata yang menunjukkan antusiasme, keheranan, dan hal positif lainnya, seperti “Bukankah itu menakjubkan?” atau “Bukankah itu sulit dipercaya?” atau bahkan mengatakan “Hal paling keren tentang iPod adalah keseluruhan perpustakaan musik anda sesuai dengan saku anda”. Steve Jobs tidak pernah menggunakan kata-kata rumit atau sulit dipahami dalam presentasinya yang membuat audience berjuang untuk memahaminya. Dia selalu menggunakan kata kata sesederhana mungkin untuk menjelaskan idenya. Sehingga presentasi tidak hanya milik mereka yang biasa dengan teknologi, namun juga mereka yang tidak terbiasa.

Bagaimana, Gooders? Sudahkah kamu terinspirasi dari teknik presentasi Steve Jobs? Selamat mempersiapkan presentasimu!

Source : Isigood.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s