8 Perpustakaan Dengan Koleksi Terbesar di Indonesia

image_eresources-fw_r5_c4

“Buku adalah jendela dunia”. Ya, siapa dari kita yang tidak pernah mendengar pepatah ini?

Membaca adalah salah satu kegiatan paling bermanfaat yang dapat kita lakukan di waktu senggang. Tidak mengherankan, banyak sekolah dan institusi pendidikan selalu menganjurkan muridnya untuk menambah ilmu dengan lebih banyak membaca.

Membaca buku dalam perangkat elektronik pun sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern.

Membaca buku atau majalah sekarang tak perlu ribet, Anda hanya membutuhkan telepon genggam atau komputer tablet Anda. Ketimbang membawa buku di tas Anda, tentu saja perangkat elektronik Anda lebih praktis dan ringan.

Namun tahukah Anda, bahwa ada satu kegiatan asyik yang sering dilewatkan oleh para pengguna perangkat elektronik yang lebih memilih membaca dari gadget mereka.

Ya, berkunjung ke perpustakaan adalah satu kegiatan yang tak banyak dilakukan lagi.

Padahal, tidak selamanya membaca buku dari perangkat elektronik lebih baik daripada membaca buku di perpustakaan. Di perpustakaan, misalnya, Anda dapat menemukan berbagai koleksi buku yang tidak tersedia dalam versi digital.

Apalagi, bila Anda mengingat ada berbagai perpustakaan di Indonesia yang luar biasa komplit. Yuk, kita periksa 8 perpustakaan dengan koleksi terbesar di Indonesia.

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia – Jakarta

Sejarah Perpusnas (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) bermula dengan didirikannya Bataviaasch Genootschap pada 24 April 1778. Perpusnas kini berdiri di tanah seluas 16,000 meter persegi dan menjulang tinggi sampai ke lantai 9.

Perpustakaan ini adalah perpustakaan yang pertama dan terlengkap di Jakarta.

Anda dapat menemukan buku apapun disini, baik buku pelajaran, buku sejarah, ensiklopedia, hingga bacaan umum; semuanya terdapat di Perpustakaan Nasional. Menurut laporan terakhir, jumlah koleksi diperkirakan 1,100,00 eks, dan jumlah karyawan 700 orang.

Fasilitas yang ditawarkanpun tidak main-main; ada ruang baca, lobi tunggu, hingga ruang presentasi.

Informasi Dasar

Alamat: Jl. Salemba Raya No. 28 A, Senen, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

2. Perpustakaan Soeman HS – Pekanbaru

Perpustakaan Soeman H.S. adalah salah satu perpustakaan dan penyimpanan arsip nasional yang berstatus perpustakaan provinsi.

Perpustakaan ini mempunyai 6 lantai guna memenuhi fasilitas publik berupa perpustakaan daerah, yang pada saat itu di Riau belum memiliki gedung yang cukup  representatif. Bentuk gedungnya yang unik menjadi daya tarik tersendiri.

Membaca disini, Anda juga akan ditemani oleh pemandangan kota Pekanbaru yang tampak dari dinding kaca lebar yang mengelilingi gedung.

Informasi Dasar

Alamat : Jalan Cut Nyak Dien, Jl. Cut Nyak D, Kota Pekanbaru, Riau

3. Perpustakaan Universitas Indonesia – Depok

Kristal Pengetahuan (Crystal of Knowledge) merupakan perpustakaan pusat Universitas Indonesia (UI) yang disebut juga sebagai perpustakaan terbesar di dunia.

Perpustakaan ini menempati lahan sebesar 2,5 hektare, dengan luas bangunan 33.000 meter persegi yang diresmikan tanggal 13 Mei 2011.

Perpustakaan ini mulai dibangun sejak Juni 2009.

Perpustakaan ini berisi 5 juta buku, juga dilengkapi ruang baca, serta 100 ruang sunyi dosen dan mahasiswa, ditambah dengan suasana yang sangat nyaman menarik para pembaca untuk berkunjung disini.

Gedungnya yang futuristik juga sangat menarik perhatian.

Informasi Dasar

Alamat: Gedung Crystal of Knowledge Kampus UI – Depok

4. Perpustakaan Institut Teknologi Bandung – Bandung

Perpustakaan ITB ini memang tidak jauh berbeda dengan perpustakaan UI yang menjadi rumah jutaan koleksi buku dan makalah para siswa.

Hasil skripsi, tesis, dan disertasi mahasiswa dan alumni ITB dapat Anda temukan dengan mudah di gedung perpustakaan ITB.

Perpustakaan ini khususnya banyak dikunjungi mahasiswa ITB yang sedang menyelesaikan tugas akhir

Informasi Dasar

Alamat: Gedung Perpustakaan Pusat ITB, JL. Ganesha, No 10, Bandung

5. Perpustakaan St. Ignatius-Yogyakarta

Tidak melulu di ibu kota, salah satu perpustakaan terlengkap di Indonesia terletak di kota pendidikan, Yogyakarta.

Dikenal juga dengan nama Perpustakaan Kolsani, perpustakaan yang satu ini memang memiliki koleksi yang luas dalam literature akademik, filosofi, agama, politik, dan sebagainya.

Perpustakaan ini bahkan menyediakan bacaan mengenai agama Islam abad ke-20 yang jauh lebih lengkap daripada perpustakaan lainnya.

Informasi Dasar

Alamat : Jalan Abu Bakar Ali No.1, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta

6. Grhtama Pustaka-Yogyakarta

Satu lagi perpustakaan terlengkap di Yogyakarta, Grhatama Pustaka.

Diresmikan pada tanggal 4 Januari 2016, perpustakaan yang disebut-sebut sebagai perpustakaan terbesar di Asia Tenggara ini langsung diserbu masyarakat Yogyakarta yang sudah menanti pembukaannya.

Selain koleksi buku yang ekstensif, perpustakaan ini juga dilengkapi dengan ruang-ruang diskusi terbuka dan tertutup. Pengunjung dapat menggunakan sebagai tempat mengerjakan tugas, sedangkan disayap timur di luar perpustakaan terdapat gazebo-gazebo yang dapat digunakan untuk berdiskusi juga.

Informasi Dasar

Alamat : Jalan Janti No. 344, Banguntapan, Yogyakarta

7. Perpustakaan Freedom Institute – Jakarta

Perpustakaan yang terletak di Jakarta Pusat ini, juga merupakan tempat paling nyaman ,dan disarankan bagi Anda yang ingin memperoleh informasi melalui buku dan majalah.

Gedung perpustakaan ini juga dikenal sebagai Gedung Perpustakaan Umum.

Dengan koleksi ratusan ribu buku luar negeri maupun dalam negeri, Anda pasti akan sangat menikmati kunjungan Anda ke perpustakaan yang satu ini.

Gedungnya yang asri dan dilengkapi dengan fasilitas mumpuni seperti sofa dan jaringan Wi-Fi menjadikannya salah satu perpustakaan yang menjadi sasaran hang-out anak muda Jakarta.

Informasi Dasar

Alamat: Jl. Proklamasi No.41, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

8. Comic Cafe – Jakarta

Tidak melulu soal buku yang bertema pendidikan, ada satu perpustakaan terlengkap di Indonesia yang wajib Anda kunjungi bila Anda termasuk penggemar komik atau manga.

Terletak di Tebet, Jakarta, Comic Café disebut sebagai surganya pecinta komik Indonesia, Jepang, Cina, dan bahkan Korea.

Mulai dari komik jaman dahulu yang sudah sangat langka hingga rilisan terbaru dari luar negeri, Anda dapat menemukan semuanya disini. Anda juga dapat menikmati pembacaan Anda sambil menyantap hidangan yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

Informasi Dasar

Alamat: Jalan Tebet Raya No.53D, Tebet, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Source : Miner8.com

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s