7 Jurusan Kuliah Yang Hanya Bisa Ditemukan di Indonesia!

ensiklopedia-indonesia

Indonesia merupakan negara yang istimewa dimana banyak sekali anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa dilimpahkan kepada masyarakat dan bangsa Indonesia sejak dulu hingga sekarang, termasuk pendidikan yang ada di Indonesia juga terbilang unik karena ada Jurusan kuliah yang mungkin tidak bisa ditemukan di negara lainnya.

7 Jurusan Kuliah Yang Hanya Bisa Ditemukan di Indonesia!

Berikut ini merupakan 7 jurusan kuliah yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, dimana keunikan dan keistimewaan ini memang hanya bisa diselenggarakan di Indonesia pada saat ini. Apakah anda penasaran? Mari kita simak bersama kupasannya berikut ini!

1. Sastra Jawa

Jurusan kuliah yang pertama adalah Sastra Jawa.

Jurusan ini hanya ada di Indonesia, dimana jurusan ini mengajarkan keilmuan dan kompetensi dalam bidang Sastra Jawa dari jaman dahulu hingga perkembangan Sastra Jawa pada saat sekarang.

Masyarakat Jawa memang dikenal sejak jaman dahulu piawai dalam hal membuat karya dalam kesusastraan, sehingga banyak sekali filosofi Jawa Kuno yang masih dipegang teguh oleh bangsa Indonesia meski dalam kehidupan modern sekalipun seperti pada saat sekarang ini.

Keistimewaan Sastra Jawa memang terletak pada akar filosofi luhur yang dimiliki oleh para leluhur masyarakat Jawa sehingga mampu bertahan hingga sekarang.

Dasar filosofi yang kuat sehingga sudah mengakar secara mendalam, membuat masyarakat Jawa menjadi salah satu suku bangsa yang memang disegani di Indonesia.

Oleh para pakar pendidikan di Indonesia Jurusan Sastra Jawa selain sebagai sarana untuk mempelajari kesusastraan Jawa juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk melestarikan peradaban dan budaya Jawa yang luhur sehingga tidak lekang dimakan jaman.

Jadilah Jurusan Sastra Jawa sebagai Jurusan yang mungkin banyak masyarakat yang belum mengenalnya.

Jurusan Sastra Jawa ini hanya ada di Indonesia saja.

Universitas yang memiliki Jurusan Sastra Jawa :

– Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)
– Universitas Negeri Semarang (Unnes)
– Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

2. Pendidikan Bahasa Jawa

Jurusan yang kedua adalah Pendidikan Bahasa Jawa. Setelah tadi membahas Jurusan Sastra Jawa sekarang kita akan mengupas Jurusan Pendidikan Bahasa Jawa.

Apa bedanya? Untuk kesusastraannya Jurusan Sastra Jawa memang tempatnya, namun untuk profesi pengajar yang mengajarkan Bahasa Jawa di Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa Jawa adalah tempatnya. Disitulah letak perbedaannya.

Di Fakultas Pendidikan Bahasa Jawa ini, kita akan diajarkan tentang teori dan kemampuan sebagai tenaga pengajar Bahasa Jawa yang terampil dan mumpuni.

Bukan hanya mengajarkan perihal Bahasa Jawa sebagai alat komunikasi melainkan juga menanamkan nilai – nilai budaya Jawa yang dikenal sangat luhur.

Disinilah diharapkan mampu terbentuk generasi muda yang memang berbakat dan piawai dalam menggunakan Bahasa Jawa melainkan juga memiliki watak perilaku yang santun layaknya tatanan dalam kebudayaan masyarakat Jawa.

Jurusan Pendidikan Bahasa Jawa ini juga hanya ada di Indonesia saja guys.

Universitas yang memiliki Jurusan Pendidikan Bahasa Jawa:

– Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)
– Universitas Negeri Semarang (Unnes)
-Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

3. Kehutanan

Indonesia dikenal sebagai negara pemilik hutan terbesar kedua setelah negara Brazil. Jurusan Kehutanan merupakan Jurusan berikutnya yang mana hanya terdapat di Indonesia. Ilmu tentang hutan dan aneka potensi hutan beserta kekayaan didalamnya dipelahri secara detail di Jurusan ini.

Presiden Republik Indonesia pada saat ini merupakan alumni dari Jurusan Kehutanan juga yakni Ir. Joko Widodo yang memang mampu membuka mata masyarakat bahwa alumni Jurusan Kehutanan juga bisa berkiprah dalam kancah tata pemerintahan di negara Indonesia. Ilmu mengenai Kehutanan tentu sangat bermanfaat bagi bangsa Indonesia, karena banyak wilayah di Indonesia masih berupa hutan belantara.

Universitas yang memiliki Jurusan Kehutanan:

– Institut Pertanian Bogor (IPB)
– Universitas Gajah Mada (UGM)
– Universitas Hasanudin (Unhas)
– Universitas Sumatera Utara (USU)
– Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

4. Pedalangan

Jurusan keempat yang merupakan jurusan yang hanya ada di Indonesia adalah Jurusan Pedalangan. Memang tidak semua kampus di Indonesia ada Jurusan Pedalangan.

Universitas yang membuka Jurusan Pedalangan memang sengaja membuka Jurusan Perdalangan ini untuk mengembangkan ilmu profesi Dalang yang memang dikenal sangat sakral di masyarakat Jawa serta untuk mempertahankan dan mengkader generasi muda yang berminat untuk menekuni profesi Dalang. Untuk mengembangkan dan melestarikan budaya lokal Indonesia beupa profesi dalang bagi para seniman dan budayawan.

Tidak aneh jika muncul Jurusan Pedalangan di Indonesia. Jurusan yang unik yang mana memang hanya bisa ditemukan di Indonesia.

Universitas yang memiliki Jurusan Pedalangan :

– Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI – Surakarta)
– Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI – Yogyakarta)

5. Kesenian Gamelan Jawa (Karawitan)

Ilmu mengenai keterampilan memainkan Gamelan Jawa atau disebut karawitan juga dibuka oleh beberapa universitas di Indonesia melalui Jurusan Kesenian Gamelan Jawa/ Karawitan dimana banyak sekali profesi yang bisa ditekuni disini seperti penyanyi sinden, penabuh gong, penabuh centhe, penabuh gendang, dan lain – lain.

Jurusan Karawitan ini memang unik, karena pelajaran mata kuliahnya seputar kesenian dan keterampilan mengenai penggunaan alat musik Gamelan.

Namun jangan salah karena Jurusan Karawitan ini juga menjalin kerjasama dengan universitas seni yang ada di luar negeri, dimana mereka sering mengadakan pertunjukan dan berbagi informasi seputar dunia kesenian terutama alat musik yang mereka mainkan.

Di televisi Indonesia pernah juga meliput rangkaian mahasiswa Jurusan Karawitan ini melakukan tour di negara maju seperti di Jerman dan Amerika Serikat. Wow, mengagumkan.

Universitas yang memiliki Jurusan Karawitan:

– Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI – Surakarta)
– Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI – Yogyakarta)

6. Perminyakan

Jurusan keenam yang menjadi Jurusan yang memang hanya ada di Indonesia adalah Jurusan Perminyakan.

Jurusan ini juga hanya bisa ditemukan di Indonesia dimana konsentrasi dari Jurusan Perminyakan ini adalah mencetak generasi unggul untuk kegiatan eksplorasi perminyakan yang ada di Nusantara bahkan di dunia.

Indonesia memang menjadi salah satu negara yang mengekspor minyak bumi ke negara lain, namun Jurusan Perminyakan ini hanya ada di Indonesia.

Karena para pakar pendidikan di Indonesia melihat vitalnya bidang perminyakan dan potensi minyak di Indonesia sehingga bidang ini membutuhkan banyak tenaga handal kedepannya.

Universitas yang memiliki Jurusan Perminyakan:

– Institut Teknologi Surabaya (ITS)
– Institut Teknologi Bandung (ITB)
– Universitas Trisakti
– UPN Yogyakarta

7. Pendidikan Bahasa Indonesia

Jika Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia juga diajarkan di negara Australia dimana Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional kedua di negara Australia, maka Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia ini merupakan tempat digemblengnya para calon guru dan tenaga pengajar Bahasa Indonesia di Indonesia.

Banyak sekali kampus – kampus di Indonesia membuka Jurusan ini untuk mencetak para calon guru dan tenaga pendidik Bahasa Indonesia dimana Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional dan bahasa persatuan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sehingga pantas dan layak untuk dilestarikan keberadaannya di Indonesia.

Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia ini hanya bisa ditemukan di Indonesia saja. Hehehe

Universitas yang memiliki Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia:

– Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)
– Universitas Negeri Semarang (Unnes)
– Universitas Pendidikan Indonesia Bandung (UPI – Bandung)
– Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Nah menarik bukan? Kita sudah mengetahui 7 Jurusan kuliah yang hanya ada di Indonesia.

Jurusan – jurusan tersebut memang tidak bisa ditemukan di negara lain. Inilah salah satu yang istimewa dari jurusan – jurusan yang telah kita urai satu per satu diatas.

Uniknya bangsa Indonesia memang selalu ada, termasuk urusan Jurusan kuliah yang memang hanya terdapat di negara Indonesia. Nah seru kan? Demikian ulasan informasi ini dibuat semoga bisa menjadi ragam informasi yang menarik bagi semua pihak. Salam.

Source : Maner8.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s