Punya Batere Gadget Gak Awet? Fix Kamu Belom Lakuin Cara-cara Ini

Kadang pasti kalian suka ngeluh kalo gadget ada aja penyakitnya, ya batrenya bocor lah, layar kegores, hang, dan penyakit-penyakit lainnya. Tapi pernah gak sih kalian mikir mungkin itu karena cara kalian make itu gadget yang gak bener. Nah mamang bakal ngasih tau kebiasaan-kebiasaan yang gak bagus buat gadget kamu.

Buat kasus batre, kalian yang sering banget nunda-nunda nge-charge biar hapenya sampe matot alias mati total, ternyata itu gak bagus buat gadget kalian. Mendingan kalian lebih sering nge-charge setiap batre kalian tinggal 10-20%. Ada juga yang suka nunda-nunda buat nyabut charger, itu kalo charger nempel mulu sama lobangnya juga gak bagus. Batre malah bakal lebih tahan lama kalo kalian charge antara 40-80%. Jangan kurang, dan jangan over juga ya!

Masih tentang batre, salah satu kesalahan kalian yang bikin batre gadget gak tahan lama itu nge-charge di port USB laptop misalnya. Kalo kalian pake charger, di dalem charger tuh ada pengontrol mAh yang masuk ke hape dari sumber listrik. Dan juga, gak usah deh beli batre murahan. Bukannya bener, hape kamu bakal beresiko lebih rusak karena kadang batre murahan gak punya pengontrol batre yang bakal bikin hape kamu makin banyak penyakitnya.

Trus, kalo kalian pake case hape yang tebel dari karet atau bahan-bahan lain, mending dibuka dulu sebelum di-charge soalnya case itu bisa bikin hape kamu jadi panas dan gak bagus buat si batre. Jangan juga pake charger yang katanya ultra fast bisa nge-charge cuma sejam. Pret.. yang ada bikin hape rusak.

Trus khusus buat laptop, kalo kalian lagi main laptop di kasur, usahain deh jangan jadiin bantal atau paha kalian yang jadi alasnya. Cari hal yang keras kayak hard cover buku atau hati gebetan yang selalu cuek sama kita buat jadi alas biar gak overheat laptopnya. Dan karna gak boleh overheat, jangan pake laptop di bawah matahari langsung. Selain laptopnya rusak, kulit kamu bakalan tambah keling nanti.

Temperatur cuaca juga berpengaruh buat batre gadget loh. Kalo kalian dari tempat panas trus masuk kamar yang dingin, jangan langsung nyalain laptop kamu. Biarin dia adaptasi dulu sama suhu baru mungkin sekitar sejam. Trus kalo di cuaca dingin,pakein hapenya case-case lucu soalnya suhu yang super dingin bakal ngerusak batre.

Nah sekarang udah tau kan kesalahan-kesalahan yang kalian lakuin ke gadget kalian. Sayangi lah gadget mu, sebelum kamu ditinggalkan. Jangan nyesel kalo udah ditinggalin, berarti kamu yang salah selama ini.

Source : Manggadget.com
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s