Hastag Campus

Hari Gini Smartphone Masih Lemot? Nih 7 Cara Biar Smartphone Bisa ‘Kenceng’ Lagi

Sebel gak sih, kalo hape kamu makin kesini makin lemot? Nah, mamang mau kasih tips gampang nih biar hape kamu jadi kenceng lagi!Sebel gak sih, kalo hape kamu makin kesini makin lemot? Nah, mamang mau kasih tips gampang nih biar hape kamu jadi kenceng lagi!

1. Caritau Penyebabnya

Setiap masalah pasti ada penyebabnya coy. Nah, kalo hape kamu lemot, bisa aja masalahnya gara-gara aplikasi yang berat atau emang sistemnya. Kamu bisa caritau pake aplikasi dari Qualcomm yang namanya Trepn Profiler. Ni aplikasi bisa nunjukkin traffic data kamu, berat GPU sama pemakaian RAM, jadi kamu bisa langsung tau apa yang bikin hape kamu lemot

2. Periksa Kapasitas Memori Hape

Sama kayak orang, hape kamu bakal sesek kalo kepenuhan. Kamu bisa cek kapasitasnya di bagian Storage di Settings. Pastiin aja hape kamu masih punya ruang buat napas. Kalo udah sempit, kamu bisa apusin aplikasi-aplikasi yang udah gak kamu pake, dan ngapus data cache kamu. Intinya sih, jangan sampe kapasitas memori hape kamu tuh mentok sementoknya.

3. Gausah Pake Widget

Kamu mungkin gak sadar, kalo widget-widget yang keliatan simple itu bikin lemot hape kamu. Kalo kamu emang nggak butuh pake widget, apusin aja. Cuman kalo kamu emang bener-bener butuh, usahain itu widget emang bener-bener berguna buat kamu. Lebih selektif aja ya guys.

4. Matiin Animasi Dari Launcher

Beberapa launcher emang punya animasi bawaan yang mungkin keliatan keren. Cuman, animasi-animasi ini juga jadi penyebab hape kamu lemot. Cek setting di launcher kamu, kalo emang animasi itu bisa dimatiin, matiin aja. Atau kamu pilih animasi yang seenngganya lebih ringan dari yang lain.

5. Hindarin Multi-Tasking dan Legain RAM 

Ini nih yang mungkin kalian enggak sadar, buka banyak aplikasi tapi gak ditutup lagi. Padahal, multi-tasking kayak gini bikin hape kamu lemot banget dan makan RAM kamu. Kamu bisa nutup aplikasi-aplikasi yang lagi jalan tapi gak kamu butuhin dengan mencet tombol home dan geser sampe ilang.

6. Restart Hape Kamu Secara Rutin

Ini sih cara paling simple buat ngatasin kelemotan hape kamu. Tinggal restart, cache yang ada di hape kamu bakal keapus, aplikasi yang ga kepake berhenti, dan hape kamu jadi seger lagi. Kalo bisa sih, dirutinin ya guys ngerestart hape kamu biar dia istirahat.

7. Cek Lebih Detil

Kamu bisa cek lagi hape kamu sendiri lebih detil. Misalnya, caritau aplikasi mana yang ngabisin batre paling cepet, atau aplikasi mana yang paling banyak makan RAM kamu. Kamu juga bisa ngecek perintilan lain yang kira-kira nyedot energi hape kamu. Caranya, klik Settings About Phone klik Build Number tujuh kali sampe muncul notifnya.

Simple kan? Tapi justru hal-hal kecil ini yang penting guys. Rawat hape kamu baik-baik ya!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star