5 Persiapan Mengikuti Tes TOEFL yang Sangat Perlu Anda Ketahui

Tes TOEFL adalah tes bahasa Inggris sebagai bahasa luar negeri. Jadi tes TOEFL ini diperuntukkan bagi orang yang bahasa aslinya (bahasa ibunya) bukan bahasa Inggris. Kita perlu mengikuti tes TOEFL bila kita akan melanjutkan belajar baik itu di dalam negeri lebih-lebih bila akan melanjutkan belajar ke luar negeri. Terkadang skor tes TOEFL juga diperlukan saat kita akan melamar jenis pekerjaan tertentu. Tes TOEFL untuk CPNS juga diperlukan saat instansi pemerintah yang akan kita lamar mengharuskan kita mempunyai skor TOEFL tertentu. Kali ini kami akan menyajikan beberapa persiapan yang perlu diperhatikan ketika mempersiapkan diri atau belajar TOEFL saat akan mengikuti tes TOEFL.

1. Mempelajari buku-buku persiapan tes TOEFL

Jauh-jauh sebelum hari pelaksanaan tes TOEFL maka perlu diperbanyak membaca dan mempelajari buku-buku persiapan tes TOEFL. Buku-buku ini banyak membahas mengenai selukbeluk tes TOEFL serta ringkasan materi-materi yang akan diujikan pada tes TOEFL. Ada buku-buku yang menyertakan ringkasan materi tes TOEFL dan ada juga buku-buku yang hanya memuat sedikit ringkasan dan lebih memperbanyak pada latihan-latihan soal. Apabila dirasa anda masih kurang atau sedikit lupa dalam memahami tata bahasa Inggris maka tidak ada salahnya untuk membaca sekilas ringkasan-ringkasan materi yang disedikan di buku-buku persiapan tes TOEFL tersebut. Sehingga bila ada materi-materi yang sudah tidak diingat bisa tersegarkan kembali.

2. Memperbanyak latihan soal-soal tes TOEFL

Setelah dirasa anda sudah ingat kembali dan menguasai tata bahasa Inggris maka anda bisa melanjutkan dengan mengerjakan latihan soal yang ada di buku tersebut sebanyak-banyaknya. Selama mengerjakan latihan soal-soal TOEFL maka jangan sekali-kali melihat kunci jawaban yang biasanya terletak di halaman-halaman terkahir buku. Ujilah seberapa jauh kemampuan anda dalam mengerjakan soal-soal. Setelah satu set latihan soal selesai dikerjakan maka coba bandingkan hasil jawaban anda dengan kunci jawaban yang tersedia. Anda akan mengetahui seberapa jauh kemampuan anda dalam penguasaan materi-materi yang diujikan pada tes TOEFL. Bila ada beberapa soal yang anda keliru menjawabnya maka anda bisa melihat pembahasan dari soal tersebut lebih lanjut di buku tersebut. Dan bila dirasa belum puas, anda bisa membandingkan pembahasan mengenai materi tersebut di buku lain, misalnya di buku-buku yang khusus membahas tata bahasa Inggris (English Grammar).

Selanjutnya adalah cobalah untuk menghitung berapa skor TOEFL anda dengan mengikuti model penghitungan skor yang ada di buku tersebut terutama buku-buku yang mempunyai soal TOEFL dan pembahasan. Nah, selamat, akhirnya anda akan mendapatkan kisaran skor TOEFL anda. Setelah itu maka jangan hanya berhenti sampai di sini saja, karena anda masih harus mengerjakan latihan-latihan soal tes TOEFL yang lain yang ada di buku tersebut. Bila latihan-latihan tes TOEFL di buku tersebut sudah selesai dikerjakan semua maka anda bisa mulai mengerjakan latihan-latihan soal di buku-buku yang lain. Anda juga bisa mencoba mengerjakan latihan-latihan tes TOEFL yang tersedia di internet. Di sini kuncinya adalah semakin anda banyak mengerjakan latihan soal maka anda akan semakin hafal pola-pola soal yang diujikan serta semakin tahu di bagian mana letak kelemahan anda. Apakah kelemahan anda di bagian listeningstructure, atau reading. Sehingga anda bisa segera mengejar dan menyempurnakan kelemahan-kelemahan anda tersebut sehingga anda akan lebih optimal lagi dalam mengerjakan soal-soal tes TOEFL. Berita gembiranya adalah sekarang juga mulai banyak tersedia tes TOEFL online gratis yang bisa kita manfaatkan untuk memperbanyak latihan soal.

slide131

3. Memperbanyak membaca teks-teks tulisan dalam bahasa Inggris

Perbanyak membaca tulisan-tulisan dalam bahasa Inggris terutama yang berhubungan dengan bidang akademik (Fisika, biologi, psikologi, filosofi, dll.). Dari pengamatan penulis, untuk bagian reading pada tes TOEFL kebanyakan yang dipakai adalah bacaan-bacaan tentang biologi, fisika, filosofi, dan bidang-bidang akademik lainnya. Nah, dari sini maka kita bisa memperbanyak membaca artikel-artikel dalam bahasa Inggris dengan tema-tema tersebut. Minimal kita akan terbiasa dengan istilah-istilah khusus yang dipakai pada tema-tema tersebut. Dengan memperbanyak membaca tema-tema ini maka akan sangat membantu dalam pemahaman kita terhadap bacaan yang diujikan ketika kita mengikuti tes TOEFL yang sesungguhnya. Selain latihan mengerjakan soal-soal TOEFL maka juga diperlukan memperluas wawasan dengan memperbanyak membaca teks-teks bahasa Inggris.

4. Memperbanyak Mendengarkan kuliah dan percakapan dalam bahasa Inggris

Salah satu yang diujikan dalam tes TOEFL adalah sesi listening. Dalam sesi ini kita akan diuji kemampuan mendengarkan dan memahami serta menyimpulkan orang yang sedang berbicara (kuliah) maupun suatu dialog oleh dua orang atau lebih. Memang terasa agak susah bagi orang yang bukan asli penutur bahasa Inggris atau bahasa ibunya bukan bahasa Inggris untuk mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu satu-satu jalan adalah dengan membiasakan diri mendegarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan kualitas kemampuan kita dalam mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Kita bisa meningkatkan kemampuan mendengar (listening) diantaranya yaitu dengan mendengar percakapan dalam film-film yang berbahasa Inggris. Cobalah mendengarkan dialog-dialog dalam film berbahasa Inggris tersebut dengan menonaktifkan subtitle (terjemahan dialog). Hal ini bisa membiasakan diri untuk mendengar dan memahami percakapan harian dalam bahasa Inggris.  Berbeda dengan contoh soal tes TOEFL sesi reading dan structure, maka untuk latihan listeningkita perlu memperbanyak latihan dengan mendengarkan segala macam yang disampaikan dalam bahasa Inggris.

Beberapa materi listening pada tes TOEFL adalah simulasi Profesor yang sedang memberikan kuliah. Untuk membiasakan diri mendegarkan materi-materi perkuliahan yang dibawakan oleh seorang Profesor maka kita bisa belajar mendengarkan perkuliahan-perkuliahan dalam bahasa Inggris yang banyak diunggah (upload) di Youtube. Kita bisa memilih berbagai macam topik perkuliahan di Youtube dan mendengarkannya. Topik simulasi perkuliahan yang biasanya digunakan untuk materi listening pada tes TOEFL biasanya adalah topik tentang Biologi, Filsafat, Astronomi, Psikologi, dan topik-topik akademik lainnya. Namun jangan khawatir kesulitan mengikuti topik-topik tersebut pada saat pelaksanaan tes TOEFL, karena materi-materi yang dibawakan saat sesi simulasi perkuliahan dalam bahasa Inggris tersebut adalah materi-materi keilmuwan dasar yang mudah dipahami oleh kebanyakan orang. Jadi selain kita belajar materi-materi TOEFL online maka kita juga bisa memperbanyak wawasan dengan melihat video-video di youtube yang berhubungan dengan materi listening.

5. Menyiapkan mental

Disamping kita menyiapkan segala macam pemahaman kita terhadap materi-materi yang akan diujikan (Belajar TOEFL), ada satu bagian lagi yang perlu kita perhatikan. Pernahkah anda merasa cemas saat kita akan mengikuti tes TOEFL. Nah di sinilah letak persiapan mental dalam menghadapi tes TOEFL. Kita harus menguatkan mental kita sebelum mengikuti tes TOEFL. Rasa cemas yang berlebihan hanya akan membuat kita menjadi kurang percaya diri yang justru akan berakibat berkurangnya performa kita saat mengerjakan soal. Rasa cemas yang berlebihan ini bisa mengarah ke depresi. Dan tentu saja rasa cemas yang mengarah ke depresi ini suatu hal yang tidak beralasan karena memang belum terbukti kita gagal dalam tes TOEFL. Jadi jangan cemas, depresi dan menyerah dulu sebelum berperang mengikuti tes TOEFL pada hari H pelaksanaannya. Yakinkan diri anda bahwa anda akan sukses dalam tes TOEFL.

Perasaan-perasaan ketakutan yang tidak beralasan ini hanya menunjukkan kalau kita memang belum siap untuk mengikuti tes TOEFL. Ketakutan-ketakutan dan rasa cemas ini hanya menunjukkan bahwa jangan-jangan kita terlalu tergesa-gesa untuk mengambil keputusan ikut tes TOEFL karena mungkin dikejar tenggat waktu (deadline) harus segera mengumpulkan sertifikat TOEFL dengan skor tertentu. Maka di sinilah letak penyebab cemas, ketakutan dan depresi yang tidak beralasan itu tadi bermula. Maka tidak ada kata lain selain kita menyiapkan diri kita jauh-jauh hari sebelum tanggal pelaksanaan tes TOEFL dan menghindari mengikuti tes TOEFL secara mendadak akibat dikejar deadline. Bila kita sudah siap dan menguasai semua materi yang akan diujikan maka akan secara sendirinya tumbuh keyakinan bahwa kita akan mampu menyelesaikan ujian tes TOEFL seoptimal mungkin dan kita juga siap menerima berapapun skor yang akan kita dapatkan.

Demikian tadi uraian beberapa persiapan ketika akan mengikuti tes TOEFL. Semoga anda mendapatkan skor TOEFL terbaik sesuai dengan yang anda harapkan. Selamat belajar dan semoga sukses selalu bersama anda. Tetap semangat!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s