Hastag Campus

11 Situs Berisi Mata Kuliah Kampus-Kampus Top Kelas Dunia!

1. Khan Academy

Ingin kuliah, tapi belum punya uang? Kita bisa meluncur ke situs ini. Khan Academy memberikan materi-materi yang setingkat dengan materi kuliah secara gratis.

Proses sekolah dan perkuliahan juga tidak harus selalu di dalam kelas kan. Di internet, kamu bisa mengunjungi Kahn Academy untuk mendapatkan semua pelajaran dengan berbagai bidang ilmu yang kamu inginkan. Asyiknya lagi, situs ini menyuguhkan kamu dengan materi yang jelas ditambah layout website yang sangat ramah untuk digunakan.

2. MIT Open Courseware

Salah satu universitas top di Amerika ini memberikan materi kuliah secara gratis. Ratusan materi dalam berbagai topik ini akan menjadikan anda pintar seperti mahasiswa MIT.

MIT Openware adalah sejenis katalog online yang berisi berbagai kelas serta kursus yang ditawarkan gratis oleh Massachusetts Institute of Technology atau MIT yang terkenal itu. Kita bisa browsing kelas-kelas yang ada, dan di setiap halaman kelasnya terdapat deskripsi, silabus, kalendar, catatan dosen, hingga tugas dan materi ujian. Trus, kita bisa download materi kursusnya, deh. Keren!

3. Coursera

Coursera merupakan sebuah web yang menyediakan fasilitas pembelajaran secara online atau online learning bagi siapapun yang berminat untuk belajar. Yang menarik, pembelajaran online yang disediakan oleh Coursera ini adalah pembelajaran kelas dunia. Materi yang ditawarkan di Coursera disediakan oleh beberapa perguruan tinggi yang sudah tidak asing lagi di dunia seperti University of Michigan, University of Pennsylvania, Duke University, Stanford University, John Hopkins University

Dengan lebih dari 800 kursus gratis pada topik yang berkisar dari sejarah internet rekayasa keuangan, platform pendidikan membantu Anda memperdalam pengetahuan Anda di berbagai mata pelajaran.

4. EdX

Sama halnya dengan Coursera, EDX merupakan situs kuliah online. Bedanya, universitas yang bergabung di sini lebih sedikit, yakni MIT, Harvard University, Berkeley California, Texas University, McGill, ANU, Wellesley, Georgetown University, Toronto University, Rice University, TUDelf, dan Ecole Polytechnique.

Memang kuliah yang ditawarkan di sini mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Namun di balik itu, para pengajarnya adalah dosen yang telah sangat berpengalaman di bidangnya masing-masing yang juga telah diakui dunia. Banyak sekali mata kuliah yang ditawarkan di sini dan tersedia untuk semua bidang. Mulai dari ilmu sosial sampai ilmu teknik.

5. Brainly

Brainly menjadi salah satu tempat dimana para siswa dari sekolah dasar hingga menengah atas dapat menimba lebih banyak ilmu melalui berbagai modul pelajaran dan tugas-tugas berupa soal. Melalui platform ini siswa juga dapat membantu memberikan jawaban.

Begitu siswa menjadi member, maka akan memperoleh akses ke 19 mata pelajaran yang sebagian besar sesuai dengan kurikulum pendidikan Indonesia, seperti misalnya ada Matematika, Bahasa Indonesia, Kimia, Fisika, Ilmu Sosial, dan PPKn.

6. LectureFox

Di era keterbukaan informasi seperti sekarang, kita bisa belajar dengan sistem mandiri sebanyak mungkin. Di website ini, kita bisa membaca, mendengarkan dan melihat gambar-gambar yang berhubungan dengan matakuliah dan universitas seperti MIT, UCLA, Houston Univ, Oxford Univ, dan lain sebangainya.

Di situs ini, kita bisa membaca referensi sebanyak-banyaknya materi kuliah dai universitas top dunia. Bagusnya, selalu ada kuliah baru yang disubmit kesini. Kunjungi webitenya di LectureFox.

7. Future Learn

Another one of our favorites. Lewat Future Learn, kita bisa ikut kursus dan kelas online dari berbagai universitas top di dunia. Trus, layaknya kuliah biasa, kelas-kelas online ini ada durasinya. Misalnya, nih, kelas Digital Story Telling yang ditawarkan University of Birmingham berdurasi empat minggu, dan masing-masing sesinya diajarkan setiap minggu. Maka kita ikutan kelas ini selama empat minggu juga. Kita pun bisa kenalan sama teman-teman “sekelas”—yang berasal dari berbagai negara, latar belakang dan profesi—trus ikutan diskusi online-nya. Mantabs!

Masa Depan Belajar adalah sebuah situs yang menawarkan kursus gratis, dalam kategori seperti Hukum, Psikologi, Pengajaran dan banyak lagi. Bermitra dengan beberapa universitas terbaik bahwa Inggris yang ditawarkan, Anda dapat dijamin bahwa isi kursus akan selalu berkualitas tinggi.

8. University of Reddit

Anda mungkin pernah mendengar tentang Reddit, tetapi apakah Anda mendengar bahwa Reddit menciptakan sebuah situs baru di mana Redditers bisa mengajarkan satu sama lain? Hampir semua topik yang Anda bisa memikirkan yang dibahas di sini, karena mereka semua orang-orang seperti Anda, mengajar apa yang mereka ketahui!

Situs ini beneran a haven for the curious mind, deh. University of Reddit adalah sebuah situs yang menawarkan berbagai macam ilmu pengetahuan. Kelas online dan disiplinnya pun beraneka ragam, mulai dari Sastra, Musik, Filosofi, Matematika, Teknologi, dan banyak lainnya. Pake silabus segala, lho, kayak universitas beneran!

9. Youtube Education

Ini bukan channel Youtube biasa lho,, tapi khusus untuk edukasi. Di channel Youtube ini, kita bisa nonton video-video edukasi pendek yang dikategorikan berdasarkan temanya, seperti Matematika, Sejarah, IPTEK, Pengetahuan Sosial, bisnis sampai sastra.

10. OEDb

OEDb, atau Open Education Database, adalah sebuah situs berisi kelas-kelas online yang menawarkan berbagai topik kajian. Sesuai namanya, OEDb berisi database yang dikurasi dari berbagai macam sumber dan dikategorikan berdasarkan topiknya. Dari sekian banyak pilihan yang ada, pasti ada yang menarik buat kita!

11. Quora

Jika kita punya pertanyaan terhadap sebuah hal, biasanya kita langsung menyampaikannya kepada orang yang ahli di bidangnya. Tapi kalau kamu gak punya waktu untuk langsung mendatangi orang tersebut, bertanya saja melalui Quora. Quora adalah situs tanya jawab, dimana setiap pertanyaan kamu akan langsung dijawab oleh orang yang ahli terhadap permasalahan tersebut. Topik yang tersedia pun mencapai ribuan dan kamu juga bisa turut berdiskusi dengan orang lain yang terlibat.

Situs ini memungkinkan kita untuk bertanya tentang suatu hal. Seorang anggota ahli akan menjawabnya untuk kita. Terisi dengan ribuan topik, anda bisa menjelajahi dan berdiskusi tentang suatu topik disini yang dipandu oleh para ahli di bidangnya.

Quora yang menyasar pengguna yang lebih luas, mulai remaja hingga usia lanjut. Tidak ada batasan pendidikan atau pekerjaan. Sehingga tak heran bila topik yang ditanyakan terkesan tanpa batas dan tidak terfokus. Anda bisa bertanya tentang hukum, sosial, komputer, situs, jaringan, printer, ponsel, tempat wisata dan lain-lain. Atau memberikan jawaban atas pertanyaan pengguna lainnya.

[students.id]

One reply to “11 Situs Berisi Mata Kuliah Kampus-Kampus Top Kelas Dunia!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star