5 Cara Jadi Anak Muda Yang Siap Menghadapi Masa Depan

Bicara masa depan tentu bicara juga soal masa sekarang dimana kamu sebagai anak muda tentu bertanggung jawab atas masa depanmu sendiri. Semua orang tentunya ingin masa depan yang lebih baik namun itu semua kembali kepada apa yang dilakukan hari ini. Hari ini adalah menanam dan dimasa depan adalah musim panen. Jika yang ditanam hari ini emas maka tentu yang akan dipetik dimasa depan tentunya juga emas. Masa depanmu nanti ada ditanganmu hari ini.

Masa muda cendrung banyak dihabiskan untung bersenang-senang. Tak apa, sebab masa muda harus dinikmati. Tapi, tak boleh juga mentang-mentang usia masih muda lalu kamu menyia-nyiakan masa mudamu juga. Mengapa bisa begitu? Sebab cepat atau lambat masa mudamu nanti akan berganti menjadi masa dewasa dimana dimasa itu kamu sudah seharusnya menjadi orang sukses lagi berguna. Dimasa itu kamu sudah seharusnya berguna buat diri sendiri, keluarga dan tentu saja untuk bangsa. Maka dari itu sebelum kamu masuk masa dewasa itu maka sudah selayaknya kamu mempersiapkan dirimu menjadi anak muda dengan masa depan cerah. Berikut cara supaya kamu siap menghadapi masa depan namun kamu tetap bisa menikmati masa mudamu.

1. Jangan Takut Mencoba Sesuatu Hal Yang Terlihat Baru Bagimu
Selama sesuatu hal yang menurutmu baru itu bernilai positif dan tidak melanggar hukum maupun agama maka tak ada salahnya kamu mencobanya. Kamu harus coba-coba terus apapun yang baru karena kalau kamu sudah tua, kamu mungkin tak akan bisa melakukannya lagi. Jangan biarkan dirimu hanya penasaran dengan sesuatu hal yang baru karena kamu tak berani mencobanya. Cobalah sesuatu yang baru itu, asalkan positif maka lakukan. Dengan kamu berani melakukan sesuatu yang baru maka sesungguhnya kamu sudah memiliki pemikiran yang open minded. Jangan biarkan dirimu tidak berkembang karena kamu membatasi gerak maupun cara berpikirmu. Dimasa depan kamu akan lebih unggul dari pada mereka yang takut mencoba sesuatu hal yang baru.

2. Tinggalkan Kebiasaan Buruk Demi Kehidupan Yang Lebih Baik
Beberapa anak muda sudah memiliki kebiasaan buruk sejak masih muda dan tak bisa menghentikan kebiasaan buruknya sampai tua bahkan sampai akhir hayatnya. Karena itulah apabila kamu memiliki kebiasaan buruk maka sebelum kebiasaan buruk itu terlanjur mendarah daging ditubuhmu agar selagi usiamu masih muda inilah saatnya kamu berubah. Gantilah kebiasaan burukmu dengan sesuatu hal yang lebih berguna dan bermanfaat. Berubahlah menjadi lebih baik demi kehidupan masa depanmu yang lebih baik. Kalau bisa jadi lebih baik mengapa pilih yang lebih buruk.

3. Perluas Terus Wawasanmu Dengan Ilmu Pengetahuan
Jangan jadi anak muda yang bodoh. Jika kamu tak mau dibodohi orang dimasa depan maka buatlah otakmu berisi dengan ilmu pengetahuan. Gunakan waktumu yang ada sebaik mungkin untuk menuntut ilmu. Jangan buang kesempatanmu dimasa muda ini untuk mendapatkan ilmu dengan menukarnya dengan hal yang hanya hura-hura. Ilmu lebih berharga dari apapun. Dengan ilmu kamu bisa menguasai dunia. Dengan ilmu kamu bisa selamat dan sukses dimasa depan. Jadi dimanapun ada kesempatan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan maka ambil kesempatan itu. Mumpung masih muda, mumpung otak masih encer, mumpung otak cepat menangkap ilmu dan kuat daya ingatnya.

4. Asah Terus Kemampuan Berorganisasimu
Untuk menjadi pemimpin dimasa depan maka selain ilmu pengetahuan, kamu juga harus memiliki empati, tidak individualis dan tentu saja memiliki jiwa kepemimpinan. Oke, anggap saja kamu dimasa depan tidak bercita-cita menjadi pemimpin dipemerintahan tapi pasti kamu akan jadi pemimpin bagi keluargamu, rumah tanggamu dan anak-anakmu kelak. Maka dari itu penting sekali bagi kamu anak muda yang namanya kemampuan berorganisasi misalkan organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan atau organisasi kemahasiswaan. Urusan nanti kamu akan jadi kepala diorganisasi yang kamu ikuti atau kamu hanya jadi anggota biasa, itu urusan lain, yang penting kamu harus ikut menjaga rantai organisasi terus berjalan. Dengan ikut organisasi maka diharapkan keikutsertaanmu akan melatihmu menjadi anak muda yang nantinya memiliki empati terhadap sesama, tidak individualis, bijaksana dan yang paling diharapkan tentu saja memiliki jiwa kepemimpinan.

5. Persiapkan Betul Dirimu Agar Dapat Bersaing Didunia Kerja Maupun Dunia Usaha
Untuk menghadapi persaingan didunia kerja maupun dunia usaha maka selain kamu harus berotak cerdas dan menguasai bahasa asing maka kamu juga harus menguasai skill profesional dan skill tambahan lainnya agar kamu dapat bersaing dan survive. Maka dari itu selagi muda ini jangan malas untuk mempersiapkan diri agar siap menghadapi kerasnya dunia kerja atau dunia usaha. Latih terus keterampilanmu dan tambah terus keterampilan-keterampilan penunjang lainnya agar kamu benar-benar terlatih dan siap dengan dunia kerja. Kuasai ilmunya sampai kamu benar-benar ahli dibidang yang ingin kamu kuasai. Nanti kalau kamu sudah bekerja maka kelak kamu akan menjadi ahli dibidangnya dan kamu pasti akan dibayar dengan pantas sesuai dengan apa yang telah kamu korbankan. Dan bagi kamu yang ingin terjun di dunia usaha atau dunia wirausaha maka nanti kamu akan mendapatkan kesuksesan di dunia usaha.

Lalu bagaimana dengan kamu sendiri wahai pemuda pemudi Indonesia! Apakah kamu sudah siap menghadapi masa depanmu yang sudah menunggu didepan mata? Semoga kamu siap sebab kalau kamu merasa belum siap maka segera perbaiki lagi kesiapanmu, mumpung masih muda. Ingatlah, masa depanmu dan masa depan negara ini ada ditangan-tanganmu jadi berbuatlah dan berusahalah demi dirimu sendiri, keluargamu dan tentunya untuk bangsa dan negara ini.

source : petacinta.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s