13 Cara Jitu untuk Mengatasi Stress Kuliah

Siapa sih yang nggak pernah stress karena kuliahan? Rasanya tugas, ujian, presentasi, semua datang terus nggak ada habisnya. Kapan ya kita bisa istirahat? Rasanya sudah nggak kuat lagi? Jangan putus asa dulu, ayo coba 13 hal di bawah ini.

1. Kalau memang harus bolos kelas, rancang dulu sebuah rencana sebelumnya.
Pastikan kamu minta tolong temanmu mencatat catatan hari itu baik-baik dan kamu dapat meminjamnya nanti. Lalu pastikan juga waktu yang ada dari membolos kelas itu kamu pakai sebaik-baiknya.

2. Terima keadaan bahwa kamu suka kerja di dekat deadline.
Mungkin kamu tipe orang dapat bekerja lebih baik saat berada di bawah tekanan. Daripada memaksa diri untuk mengerjakan sesuatu lebih cepat, mungkin ada baiknya jika kamu membiarkan dirimu mengerjakannya saat sudah dekat deadline.

3. Gonta-ganti tempat belajar agar tidak bosan.
Tahukah kamu, kalau kamu suntuk waktu belajar, berpindah tempat atau posisi dapat memberi semangat baru bagi otak dan tubuh kita. Bila perlu belajarlah di luar, di tempat yang udaranya segar dan cuaca saat sedang cerah.

4. Beristirahatlah saat kamu terlalu stress dalam mengerjakan sesuatu.
Hal yang kreatif tidak bisa muncul dari keadaan otak yang tertekan. Kalau memang sudah mentok, ya sudah istirahat saja dulu. Pemaksaan bukan jalan keluar terbaik, tapi bukan juga berarti kita jadi malas lho.

5. Berhentilah begadang.
Hal yang kreatif tidak bisa muncul dari keadaan otak yang tertekan. Kalau memang sudah mentok, ya sudah istirahat saja dulu. Pemaksaan bukan jalan keluar terbaik, tapi bukan juga berarti kita jadi malas lho.

5. Berhentilah begadang.
Untuk meraih tujuan jangka panjang, diperlukan tujuan-tujuan jangka pendek di dalamnya. Bagilah tugas atau tujuan yang besar itu menjadi lebih kecil agar dapat dicicil tiap harinya. Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit, bukan?

7. Tanya guru atau profesormu bagaimana sebaiknya kamu belajar untuk kelasnya.
Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tips baik yang dapat membantumu mengerti kelas mereka lebih baik. Ini juga menunjukkan karakter baik di hadapan mereka, sehingga mereka akan tahu kalau kamu bekerja keras dalam kelasnya.

8. Luangkan waktu untuk santai, kalau tidak ini tidak akan pernah terjadi.
Kalau kamu selalu bilang kamu sibuk, maka kamu akan terus sibuk. Kamu punya pilihan, bagaimana kamu ingin menjalani waktu-waktumu. Ambilah waktu untuk santai dan mengistirahatkan diri. Walau hanya 15 menit sehari untuk mendengarkan lagu, membaca IDNtimes, atau nonton video lucu di youtube. Waktu ini penting agar kamu tetap positif dan tidak kalah ditimbun stress.

9. Luangkan waktu untuk teman-teman.
Jangan merasa terlalu sibuk untuk teman-temanmu sendiri. Kamu bisa belajar banyak hal dari orang lain. Bercerita tentang masalahmu ke orang lain juga dapat membantu meringankan stressmu. Atau sekedar hang-out, kamu bisa melepas stress. Dan siapa tahu, teman-temanmu malah menjadi aset terbaikmu dalam menamatkan kuliahmu.

10. Kalau memang harus menangis, menangislah.
Jangan takut dianggap aneh atau cengeng. Menangis adalah hal yang alami saat manusia merasa sedih dan tertekan. Jadi kalau memang ingin menangis, menangislah. Karena setelah itu kamu akan merasa lebih baik.

11. Menggambarlah saat sedang buntu.
Kadang otak buntu dapat dibantu dengan hal-hal mudah seperti coret-coret di buku tulis. Kegiatan kecil seperti ini dapat meringankan beban otak.

12. Miliki playlist lagu untuk motivasi saat belajar.
Kamu bisa pilih lagu klasik atau lagu yang santai untuk menemanimu dalam belajar. Atau kalau kamu ingin lebih semangat, kamu bisa pakai lagu yang upbeat. Apapun itu, musik dapat membantu memberi semangat saat belajar. Lagu juga dapat membantu mengurangi stress otak.

13. Sadarilah kalau stress itu normal dan bukan hal yang salah.
Semua orang akan mengalaminya. ketahuilah, kamu bukan produk gagal kalau kamu dilanda stress, kamu tetap hebat!

Kamu nggak harus selalu kuat. Kamu nggak harus selalu bisa. Namanya manusia, kamu bisa lelah dan stress. Jangan jadi makin stress karenanya. Cobalah cara-cara di atas dan berusahalah menang dari stress-mu. Selamat berjuang!

source : idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s