Hastag Campus

10 Teknik Rahasia Pencarian Google Agar Makin Akurat & Cepat

Google sudah menjadi mesin pencari informasi yang handal. Tiap tahun selalu ada perbaikan agar informasi yang ditampilkan makin akurat. Pengguna Google juga harus beradaptasi agar proses pencarian jadi makin mudah dan tepat sasaran. Berikut 10 teknik rahasia pencarian Google agar hasilnya jadi makin akurat.

1. Tambahkan tanda minus (-).

Banyak nama yang sama untuk berbagai informasi berbeda. Agar kita mendapatkan informasi sesuai dengan bidang yang kita cari, kita bisa menyelipkan tanda minus (-) di belakang frase atau kata yang dicari. Tanda minus itu diikuti dengan bidang yang kita cari. Semisal fashion, sport, dan sebagainya.

2. Pakai kata “OR”.

Bila mau mencari sesuatu informasi tapi belum yakin dengan namanya, gunakan saja kata “OR”. Google akan menyempitkan pencarian informasi dengan kata yang lebih spesifik.

3. Gunakan simbol “asterisk” (*).

Simbol “asterisk” atau (*) dapat berguna untuk menggantikan kata atau frase yang terlupa. Google secara otomatis akan mencari paduan kata yang relevan.

4. Situs web yang mirip.

Bila kita ingin mencari informasi pembanding, gunakan kata “related:”. Google akan mengumpulkan situs web sejenis sebagai informasi tambahan.

5. Hasil pencarian yang sama persis dengan kata atau frase yang dicari.

Kalau kita ingin mendapatkan hasil pencarian sama persis dengan kata atau frase yang diinput, gunakan tanda petik (“”) di depan dan belakang.

6. Bila ada kata atau keyword yang hilang, pakai “AROUND(+)”.

Semisal kita lupa kata atau frase tapi mengingat awal kata di awal dan terakhir, gunakan kata “AROUND(+)”. Tanda (+) adalah perkiraan jumlah kata yang hilang.

7. Perbandingan nutrisi makanan.

Fitur ini wajib diketahui buat kamu yang ingin diet. Fitur perbandingan dapat membandingkan dua makanan yang berbeda. Cara menggunakannya cukup dengan memasukan “makanan 1 (VS) makanan 2”.

8. Pencarian dalam waktu yang spesifik.

Terkadang kita ingin mencari informasi dalam kurun waktu tertentu. Semisal cerita soal artis favoritmu yang diterbitkan di tahun 2016. Klik alat pencari lalu pilih kurun waktu yang ingin dipantau. Semisal satu jam yang lalu, satu hari yang lalu, minggu lalu, atau kurun waktu yang kamu tentukan sendiri.

9. Topik bahasan khusus dalam situs pilihan.

Seringkali situs dengan banyak pengunjung memiliki konten dalam jumlah besar. Hanya saja kita tahu kalau di dalam situs tersebut ada informasi yang kita cari. Kita bisa gunakan “site:(nama situs) topik bahasan”. Google akan menghadirkan hasil pencarian sesuai dengan topik bahasan dalam situs tersebut.

10. Mencari sinonim kata.

Terkadang kita ingin melakukan riset suatu topik tertentu dari berbagai sumber. Daripada mencari sumber satu demi satu, gunakan simbol “ ~ “. Simbol “ ~ “ berguna untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber.

Semoga berguna buat kita bersama

Sumber : idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star